Tanya Dokter

  • kaku di pergelangan kaki dengan riwayat patah tulang

  •  Eddy Lau
    Anggota
    Dok.. Beberapa bulan lalu sya ngalami kecelakaan patah tulang tibia dan fibula.. Dan sekarang tulang.a udah sembuh tapi kenapa pergelangan kaki saya jadi kaku dan keras ya?? Seperti kaki mengarah kebawah bisa kalau mengarah ke atas mentok dok.. Dan abis bangun tidur biasa.a yang sakit itu dkat atas tumit klo di paksa injak nnti ada bunyi "krekk".. Mohon solusi dan bantuan.a ya dok Makasih sebelum.a

    Terima kasih Eddy Lau atas pertanyaannya.

    Keluhan yang Anda alami memang dapat terjadi setelah patah tulang. Hal ini dikarenakan pada saat tulang patah, akan terjadi pembatasan gerakan dari sendi-sendi yang terkait. Pembatasan gerakan inilah yang lama kelamaan akan membuat sendi menjadi kaku.

    Untuk mengatasi hal ini, maka yang dapat dilakukan adalah:

    1. Memperbaiki kedudukan tulang secepatnya.

    Anda perlu berobat ke dokter spesialis ortopedi (bedah tulang) atau dokter spesialis bedah umum jika tidak terdapat spesialis ortopedi di daerah Anda. Diperlukan berbagai pemeriksaan khususnya rontgen untuk melihat kedudukan tulang. Tindakan yang dilakukan pun berbeda-beda tergantung jenis patahnya.

    2. Mobilisasi.

    Setelah tulang berada dalam kedudukan yang normal, maka perlu dilakukan mobilisasi agar sendi tidak kaku. Memang awalnya akan terasa sakit, namun jika semakin tidak digerakan akan semakin kaku dan nantinya akan semakin sakit. Anda perlu berdiskusi dengan dokter yang merawat Anda mengenai hal ini.

    3. Obat-obatan pelemas otot dan pereda nyeri.

    Dokter seringkali meresepkan kedua obat ini untuk mengatasi nyeri serta membuat otot menjadi tidak kaku. 

    4. Fisioterapi.

    Fisioterapi dapat membantu pasien-pasien paska patah tulang agar dapat beraktivitas lebih cepat.

    Untuk sementara, Anda dapat melakukan hal-hal yang telah saya sebutkan di atas. Namun perlu diingat bahwa Anda harus memastikan bahwa tulang Anda sudah berada dalam posisi yang benar. Tulang akan tumbuh dengan sendirinya, dan jika tulang sudah menyatu kembali di posisi yang salah, Anda akan mengalami kelainan bentuk dan pembatasan gerakan. Untuk mengatasi hal ini lebih sulit dibanding jika dari awal sudah ditangani dengan benar.

    Anda juga dapat membaca artikel terkait:

    Patah tulang

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya