Tanya Dokter

  • Perhitungan HPL berbeda

  •  Vita Bagus
    Anggota

    selamat siang dokter,

    salam kenal, saya Vita (28 thn) saat ini saya sedang hamil anak pertama. Namun saya bingung menentukan HPL yang tepat atau yg sesuai. seingat saya hari pertama haid terakhir saya pada 14 April 2014, riwayat siklus haid saya tidak teratur sejak sebelum menikah.berikut kronologinya: 1. pada awalnya saya mengetahui positif hamil pada 31 Mei 2014 dilakukan USG di RS namun baru dikelihatan kantong kehamilan, dokter di RS tersebut menentukan kehamilan saya baru 5 minggu. HPL ditentukan tgl 31 Januari 2015.saya diminta kembali USG pada 1 bulan berikutnya. 2. pada tgl 28 Juni 2014 saya kembali USG, hasilnya sudah ada janin. kemudian diukur dari besarnya janin sudah masuk usia 10 minggu sehingga HPL berubah menjadi tgl 22 Januari 2014. 3. jika sesuai HPL 22 Januari 2015, maka usia kehamilan saya terakhir USG tgl 27 September 2014, maka sudah 23 minggu. 4. karena pertimbangan biaya dan jarak saya menentukan akan melahirkan di Rumah Bersalin yg tidak jauh dari rumah, sehingga saya mulai pindah dokter untuk periksa kehamilan pada tgl 1 November 2014. sesuai hasil USG dan menghitung berat badan janin sudah 1586 gr dihitung kehamilan saya sudah 30 minggu dan HPL berubah menjadi 7 Januari 2015. padahal jika mengikuti HPL 22 Januari 2015 sesuai dokter yg sebelumnya kehamilan saya baru berusia 28 minggu.

    yg ingin saya tanyakan : 1. bagaimana menentukan HPL yg tepat untuk wanita dengan haid tidak teratur? 2. apakah berat badan janin menentukan HPL? 3. menurut dokter, saya mengikuti perhitungan HPL yg mana?

    mohon penjelasannya dokter. terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    Vita Bagus  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hai Untuk menentukan hari perkiraan lahir (HPL) bayi, Anda bisa menggunakan laman berikut dan mengisi sesuai dengan informasi yang Anda tahu: http://www.babycenter.com/pregnancy-due-date-calculator Anda bisa mengisi tanggal hari pertama dari haid terakhir atau tanggal dimana Anda yakin pembuahan terjadi. Cara yang paling sering dilakukan untuk menentukan HPL adalah dengan menggunakan tanggal hari pertama haid terakhir. Namun memang cara ini paling cocok bagi mereka yang bermenstruasi secar regular sehingga bagi mereka dengan haid yang kurang regular, HPLnya bisa diperkirakan dengan cara USG. Menghitung HPL dengan cara USG paling akurat jika dilakukan pada trimester pertama. Menghitung HPL pada usia kehamilan yang lebih tua akan kurang akurat. Jadi sebaiknya Anda mengikuti HPL yang ditentukan di awal-awal kehamilan yaitu 31 Januari 2015 atau 22 Januari 2014. Tapi jika menghitung HPL Anda menggunakan kalkulator di website yang saya sebutkan di atas, HPL Anda adalah 19 Januari 2015. Dengan pertimbangan perhitungan HPL dari USG pada trimester pertama dan menggunakan hari pertama haid terakhir, bisa disimpulkan bahwa kira-kira HPL Anda adalah sekitar 19-22 Januari 2015. Jika khawatir, diskusikan hal ini dengan dokter kandungan Anda. Dr Liyadi

    Vita Bagus  Vita Bagus
    Anggota

    terima kasih dok.Liyadi untuk penjelasannya. tapi kenapa ya dokter ke 2 menyimpulkan HPL saya menjadi tgl 7 Januari 2015? padahal saya sudah informasikan dengan detail sesuai dokter pertama. apakah saya harus periksa ke dokter yg lain lagi? apakah berat badan janin saya dianggap besar (tidak sesuai usianya)? terima kasih dokter.

    Vita Bagus  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hai Periksakan ke dokter kandungan jika Anda khawatir akan bayi yang terlalu besar. Bayi terlalu besar atau makrosomia bisa terpicu oleh:

    • kadar gula yang tinggi saat hamil atau diabetes gestasional
    • ibu hamil menderita diabetes dari sebelum hamil
    • obesitas
    • bayi yang juga besar dikehamilan sebelumnya
    • genetik - orang tua berukuran tubuh besar
    Ukuran bayi yang lebih besar sulit untuk dikonfirmasi selama masih di dalam kandungngan. Cara yang paling akurat adalah mengukur berat badan bayi setelah lahir nanti. Sekitar 5-10% bayi terlahir lebih besar dari rata-rata. Monitor terus perkembangan bayi secara teratur hingga masa persalinan. Dr Liyadi