Tanya Dokter

  • Perih di muka yang tiba tiba menjadi ada nanahnya.

  •  Hally vandia
    Anggota
    Dok. Saya kemarin habis pergi dengan rutinitas saya menggunakan make up. Ketika di dalam mobil dan ingin touch up tidak terjadi apa apa dan saya menggunakan brush. Ketika ingin pulang dagu saya terasa amat perih dan tidak ada tanda apa apa hanya perih saja. Ketika saya sampai rumah saya lanjut pergi menggunakan motor tanpa menghapus make up dan masker. Sepulangnya lagi saya mendapati bagian yang perih tersebut sudah berubah menjadi nanah. Tidak seperti jerawat, bentuknya lebih seperti ada gumpalan nanah di bawah kulit yang lebar dan sangat perih jika di sentuh. Ps: semalam sebelumnya saya masker dengan madu+baking soda saya rutin dan tidak pernah ada gejala apapun. Saya juga bukan tipe muka yang berjerawat. Dan bagian yang perih yang berisi nanah penampakannya bukan seperti jerawat. Apa yang harus saya lakukan? Langkah apa saja yang tidak boleh di lakukan mengingat jika saya pecahkan bisa jadi akan memperparah? Jenis apakah luka ini?

    Hai,

    Keluhan yang dialami tersebut diantaranya dapat disebabkan oleh:

    • gigitan serangga
    • alergi/ iritasi, misalnya sabun atau produk kosmetik tertentu
    • infeksi bakteri pada kulit
    • infeksi virus, seperti herpes zoster, yang ditandai dengan bintil cairan berkelompok dan nyeri

    Usahakan untuk tetap menjaga kebersihan kulit. Hindari penggunaan bahan-bahan yang dapat menyebabkan alergi/ iritasi. Sebaiknya tidak memecahkan sendiri bagian yang bernanah tersebut, karena dapat menambah risiko infeksi. Usap perlahan saat mencuci wajah. 

    Untuk mengetahui kondisi lebih lanjut, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan langsung terhadap ruam kulit dengan mengetahui riwayat dan gejala yang dialami. Langkah penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab medis yang mendasari.

     

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Jessica