Tanya Dokter

  • perut bagian atas sebelah kanan terasa perih disertai mual

  • Halo dok, sya mau tanya dok dri kmarin asam lambung sya tinggi, stelah bberapa kali mnum obt skit maag asam lambungnya sudah trun tpi knapa jdi perut bagian knan sya terasa perih dok dan mual2, apakah usus sya luka? Terima kasih dok

    Halo, Terimakasih atas pertanyaan yang diajukan. Asam lambung yang meningkat dalam waktu lama memang akan menimbulkan gejala yang sangat mengganggu. Gejala ini tidak boleh dibiarkan, perlu diberikan pengobatan minimal berupa penetralisir asam lambung kondisi lambung tidak semakin memburuk. Sedangkan, gejala nyeri yang muncul di perut sebelah kanan, bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Tidak hanya disebabkan oleh gangguan saluran pencernaan atas seperti pada lambung, namun juga bisa disebabkan oleh adanya kondisi lain, seperti :

    Pastikan apakah gejala yang Anda alami hanya sementara atau terjadi terus menerus. Jika gejala tersebut tidak kunjung membaik atau semakin memberat, maka sangat disarankan untuk memeriksakan lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam. Perlu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk memastikan penyebabnya, mulai dari anamnesis, pemeriksaan fisik, maupun pemeriksaan penunjang yang lebih lengkap, misalnya cek darah lengkap, USG, dsb. Penanganan secara tepat dapat diberikan sesuai hasil pemeriksaan. Selalu menjaga pola makan dengan baik. Banyak mengonsumsi makanan yang bergizi, banyak mengonsumsi buah dan sayur, kurangi mengonsumsi makanan yang digoreng, makanan terlalu pedas, dan banyak minum air putih. Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.