Tanya Dokter

  • Perih saat buang air kecil dan urine berwarna kecoklatan

  •  Riawan andika
    Anggota

    Halo dok, kemaren kan saya memecahkan jerawat di sekitar kemaluan (pria). Trus, malam nya mulai merasakan gejala perih dan kencing berwarna coklat dan pagi nya saya sering ke wc. Itu berbahaya atau tidak dok? Terimakasih.

    Hai, Perih, perubahan pada warna urin dan peningkatan buang air kecil (BAK) seringkali disebabkan oleh adanya infeksi saluran kemih (ISK). Infeksi pada saluran kemih merupakan penyakit yang dapat diatasi dan cenderung tidak berbahaya. ISK adalah infeksi pada saluran yang memproduksi dan mengeluarkan air seni, dari mulai ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Gejala yang dapat dialaami oleh orang yang menderita ISK diantaranya adalah :

    1. rasa selalu ingin BAK, namun keluar sedikit-sedikit
    2. rasa terbakar / perih pada saat BAK
    3. air seni / urin berwarna keruh atau kemerahan
    4. urin berbau menyengat
    5. demam
    6. nyeri perut atau pinggang
    7. dan lainnya
    Selain itu, keluhan yang Anda rasakan dapat terjadi didasari berbagai kemungkinan lain, seperti adanya batu pada saluran kemih / batu ginjal, penyakit menular seksual, pembesaran prostat, dan lainnya. Sementara itu, bentol pada area kemaluan juga dapat terjadi karena berbagai sebab, seperti : Oleh karena itu perlu adanya pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk kondisi yang Anda alami. Dokter perlu untuk melakukan pemeriksaan fisik secara langsung, termasuk memeriksa keluhan 'jerawat' pada kemaluan Anda, dan juga melakukan pemeriksaan lain yang dibutuhkan seperti lab darah dan urin.   Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari