Tanya Dokter

  • Hubungan pemeriksaan darah dengan diagnosa limfadenopati submandibula

  • Sore Dok.. Minggu lalu saya sudah usg leher,dan hasilnya saya terkena limfadenopati submandibula.. Setelah diberi antibiotik saya tadi lalu periksa darah di laboratorium.. Yang ingin saya tanyakan apa yng dapat dilihat dari hasil periksa darah saya tadi dan apa kemungkinan2 yang dapat terjadi ?? Terima kasih untuk jawabannya Dok..

    Hai Nurinayah. Limfadenopati submandibula adalah suatu kondisi dimana adanya pembesaran kelenjar getah bening dibawah rahang. Secara umum, manusia memiliki banyak sekali kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening ini bertujuan untuk menampung sel daya tahan tubuh anda sehingga ketika anda sakit sel tersebut akan keluar, dan biasanya menyebabkan pembesaran pada kelenjar ini. Infeksi yang dapat menyebabkan pembesaran kelenjar ini adalah infeksi pada organ sekitar kelenjar dan dalam hal ini disekitar kepala, leher, dan dada atas. 

    Pemeriksaan laboratorium sendiri tergantung parameter yang diperiksa. Secara umum, dari laboratorium dasar dapat digunakan untuk menilai kemungkinan infeksi bakteri atau virus. Namun, semua tergantung dari parameter yang diperiksa. 

    Infeksi yang dapat menyebabkan limfadenopati ini dapat berupa infeksi gigi, infeksi mulut, adanya infeksi pada leher, atau infeksi dari paru-paru seperti tuberkulosis baik oleh virus maupun bakteri. 

    Konsultasikan dengan dokter anda mengenai kondisi yang anda alami untuk informasi dan penanganan lebih lanjut. Jika anda sudah mendapatkan hasil, konsultasikan lah kembali dengan dokter. Jaga pola hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda dengan konsumsi makanan gizi seimbang terutama buah dan sayur, perbanyak minum air putih, istirahat cukup. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa