Tanya Dokter

  • Tumbuh kembang anak usia 18 bulan

  • Selamat siang dok. Usia anak saya sekarang tepat 18 bulan. Di usianya yg sekarang ia sudah sering berbicara meskipun terkadang apa yg ia ucapkan tidak dimengerti.sudah bisa di ajak komunikasi langsung seperti ngobrol atau tanya jawab seperti itu dok, kadang ia juga suka tiba2 peluk dan cium ayah dan bundanya. Alhamdulilah usia 12 blnan dia sudah bisa berjalan,hanya saja ketika dipanggil ia tak pernah langsung menoleh atau membalik kearah kita dok. Tapi jika kita suruh ambil sesuatu meskipun ia tidak menoleh dan membalik ia langsung mengambilnya dgn benar.katanya khawatir ada yg mengganggu pendengarannya,tpi ketika diperiksa telinganya sehat naik-baik saja dok. Kalopun ada masalah dengan pendengarannya mungkin ia tidak dapat mengikuti apa yg kita ucapkan dan apa yg kita peragakan. Tapi ia bisa meniru apa yg kta ucapkan dan kita peragakan. Hanya saja jika dipanggil kadang-kadang ia seolah tak mendengar tak langsung menoleh Terlihat cuek seperti itu dok. Apakah itu normal dok di usianya sekarang ini,,, !?? Dan perkembangan seperti apa saja yg seharusnya sudah ia bisa di usia 18 bulan. Mhon penjelasannya ya dok. Terimakasih...
    Akachieta Oktorasetya  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Akachieta,

    Pertumbuhan dan perkembangan anak tentunya bervariasi pada tiap individunya untuk itu perlu untuk selalu memeriksakan tumbuh dan kembang anak salah satunya melalui kegiatan posyandu yang rutin di lakukan di setiap rukun warga setiap bulannya. Selain menilai pertumbuhan anak, perkembangan anak juga akan dinilai. Jika tidak ibu bisa membawa anak ibu ke klinik tumbuh kembang atau puskesmas terdekat untuk dilakukan pemeriksaan SDIDTK (Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang) dimana anak nantinya akan dilakukan beberapa tes mengenai kemampuan motorik kasar dan halus, kemampuan bicara dan bahasa, serta kemampuan bersosialisasi dan kemandirian.

    Pada usia 18 bulan anak sudah dapat berdiri sendiri, berjalan tanpa terhuyung-huyung, bertepuk tangan, melambai-lambaikan tangan, mampu menumpuk mainan kubus sampai 4 buah, mampu memungut benda kecil dengan ibu jari dan telunjuk, sudah mampu menyebut 3-6 kata yang memiliki arti dan sudah bisa memanggil ibu dan ayahnya seperti mama atau papa, anak juga sudah mulai bisa menirukan apa yang kita peragakan. Diusia ini juga anak sudah mulai mampu memegang sendiri botol minum atau mulai belajar makan dan minum sendiri.

    Untuk dapat menilai daya dengar sendiri pada usia 18 bulan dapat dikenali dengan ketika anak tidur kemudian ada kegaduhan apakah anak menjadi bergerak ataupun terbangun dari tidur, apabila ada suara nyaring anak tampak terkejut atau langsung mencari sumber suara, Anda juga bisa mengetes dengan membuat suara menarik perhatian anak tanpa anak tahu dimana posisi Anda apakah anak Anda langsung mengetahui dari arah mana sumber suara tersebut, dan juga anak dapat mengikuti atau menirukan kata-kata yang Anda ucapkan.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.