Tanya Dokter

  • Mengatasi bayi usia 7 bulan yang terkena flek paru

  • Siang dok, saya mau tanya. Bayi saya berumur 7 bulan terkena flek paru setelah d periksa dan di tes oleh dsa yg mengatakan penyebabnya adalah virus TB dari orang dewasa. Dan baru 3 hari pengobatan dgn resep dokter. Pertanyaan saya, bagaimana perlakuan terhadap bayi terkena flek? Apakah tetap bisa beraktifitas seperti biasa misalnya jalan jalan di lingkungan rumah atau ikut orangtuanya menghadiri acara keluarga? Apakah bayi terkena flek tidak boleh keluar rumah sampai bayi sembuh? Terimakasih atas jawabannya, dokter.

    Halo Caramell......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, tuberkulosis atau TBC pada anak terjadi oleh karena anak menghirup bakteri yang menyebabkan penyakit ini yang terbang di udara. Bakteri tersebut kemudian berdiam di paru-paru dan berkembang.

    Anak - anak yang terkena TBC kemungkinan besar tidak tertular dari teman-temannya yang sebaya, melainkan dari orang dewasa yang sudah mengidap penyakit tersebut. Ketika orang dewasa yang sudah mengidap TBC batuk atau bersin, bakteri turut menyebar ke udara. Pada saat itulah dapat terjadi penularan bagi anak - anak yang berada di sekitarnya.

    Pengobatan TBC pada anak difokuskan untuk penyembuhan, baik pada anak yang baru terinfeksi bakteri TBC dan belum menampakkan gejala apapun, maupun pada anak yang sudah dalam tahap mengidap TBC.

    Jika anak telah mengidap TBC aktif, maka akan diberikan pengobatan yang biasanya terdiri atas dua jenis obat antibiotik atau lebih. Obat tersebut harus dikonsumsi tiap hari selama sekitar enam bulan sampai dengan 18 bulan.

    Tidak ada perlakuan khusus terhadap bayi yang terkena TBC. Yang paling terpenting adalah minum obat secara teratur dari dokter, jaga selalu kebersihan dan kesehatan lingkungan tempat bayi berada, berikan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi pada bayi, hindari bayi kontak dengan orang - orang yang sedang dalam kondisi sakit.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    TBC

    Demikian penjelAsan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati