Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri dada hingga pundak belakang

  •  Desty Anna
    Anggota
    Maaf dok, saya mau tanya pernafasan saya sering sakit, dan dada saya sakit sampai kepundak belakang,, kenapa ya dok?

    Halo, Desty. Sakit pada dada dan perasaan sesak dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah : 

    • Mialgia atau nyeri otot. Misalnya setelah melakukan pekerjaan yang berat atau olahraga yang berat. Apalagi pada usia muda cenderung banyak beraktifitas yang membuat terkadang adanya sakit dan nyeri pada dada dan pernafasan.
    • Dyspepsia. Pada dyspepsia juga bisa menimbulkan nyeri dada yang terasa seperti terbakar pada daerah ulu hati. Hal ini disebabkan karena meningkatnya asam lambung pada dyspepsia. Dyspepsia juga dapat menyebabkan sesak nafas.
    • Gangguan pada jantung. Gangguan pada jantung merupakan hal yang paling sering penyebab paling banyak nyeri dada. Perlu diperiksa lebih àlengkap mengenai gangguan jantung yang terjadi. Apakah merupakan suatu sumbatan pembuluh darah atau adanya ganggusn pada struktur jantung itu sendiri. Gejala dari nyeri dada ini adalah nyeri seperti terhimpit benda berat yang menjalar sampai kedaerah punggung, kemudia ada rasa nyeri seperti terbakar. Namun gangguan ini jarang sekali terjadi pada perempuan muda dengan siklus menstruasi yang lancar. 
    • Pleuritis atau infeksi pada lapisan pleura paru. 
    • Pneumothorax atau adanya udara dalam rongga dada
    • Infeksi paru yang lama. Pada infeksi paru yang lama dapat menyebabkan nyeri dada karena penggunaannya otot dada sebagai otot bantu pernafasan. Selain itu akibat batuk yang lama akan menyebabkan nyeri pada dada.

    Sebaiknya periksakan diri Anda kepada dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lengkap. Dokter nanti mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung kepada Anda, dan pemeriksaan tambahan lainnya seperti tes darah, atau EKG untuk pemeriksaan jantung Anda. Pengobatan yang tepat harus sesuai dengan penyebabnya. Berikut yang bisa Anda lakukan untuk menghindari nyeri dada :

    • Hindari makanan berlemak, manis, untuk menurunkan kadar kolesterol
    • Perbanyak makan sayur dan buah
    • Minum cukup air minimal 2 liter/hari
    • Rajin olahraga kecil, 30 menit/ hari. Untuk orang tua dapat dilakukan opahraga kecil seperti jalan santai saja.
    • Hindari stres
    • Stop merokok dan alkohol

    Semoga bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S