Tanya Dokter

  • Kaitan antara vitamin E dengan kesuburan dan cara agar cepat hamil

  •  widi rahayu
    Anggota

    selamat soree dok,,,saya mau progam hamil.kata teman" saya folavit sama natur e bagus untuk kesuburan kandungan,,,apakah betul dok

    Hai Widi,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Pada prinsipnya, kehamilan terjadi apabila sel telur bertemu dengan sperma, kemudian hasil pembuahan ini menempel di dinding rahim dan tumbuh menjadi janin. Dibutuhkan beberapa proses untuk mencapai hal ini, disamping melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi secara rutin terutama pada masa subur, maka berbagai nutrisi yang dikonsumsi juga dapat menunjang hal ini. Folavit mengandung asam folat yang memang penting untuk persiapan kehamilan. Dengan mengonsumsi asam folat yang cukup, dapat menurunkan risiko cacat tabung saraf pada janin sebanyak 50-70 persen. Asam folat bisa didapat dengan mengonsumsi hati sapi, bayam, kacang merah, beras putih, alpukat, brokoli, gandum utuh, tomat, telur, susu, papaya, pisang, dan jeruk.

    Mengenai kaitan antara manfaat vitamin E dengan kesuburan memang sudah banyak dikenal, karena antioksidan yang terkandung di dalamnya dianggap bisa memperbaiki kualitas sperma yang rusak akibat radikal bebas. Meski begitu, terdapat perbedaan hasil penelitian mengenai khasiat vitamin E dalam menangani kesuburan pria.

    Lebih rincinya mengenai nutrisi penting untuk persiapan kehamilan dapat Kamu baca pada artikel berikut: Vitamin Agar Cepat Hamil, di artikel tersebut dijelaskan mengenai manfaat zinc, kalsium, zat besi, dan vitamin lainnya yang juga penting untuk persiapan kehamilan.

    Demikian semoga dapat membantu,

    dr. Annes