Tanya Dokter

  • Tata cara persalinan secara caesar

  •  nova anggelia
    Anggota
    Siang dok,,saya mw cerita kemarin ponakan saya melahirkan anak pertamanya.tadinya dia periksa di bidan, krn dia matanya bermasalah krn mempunyai min yg sangat besar jadinya pihak bidan menyarankan untuk operasi sesar,di rujuklah dia ke rumah sakit.setelah kontrol di rs dia tidak jg mendapatkan jadwal untuk operasi, katanya tunggu sampai mules,waktu itu usia kandungan sampai 38minggu.sampai kontrol yg terakhir maksudnya menanyakan jadwal operasi pas di periksa ternyata pasien tidak di izinkan pulang.dan setelah di rawat inap pun katanya pasien tidak segera ada tindakan, pas waktunya lahiran bayipun lahir dan yg paling menyedihkan bayi lahir tidak bernyawa.yg saya pertanyakan apakah kl operasi sesar harus tunggu sampai mules ? Dan seandainya sudah pecah ketuban dan hampir kering / sampai kering apakah bisa di lakukan melahirkan secara normal ? Krn saya curiga pas kontrol terakhir pihak dokter sudah mengetahui kl kondisi jabang bayi itu sudah tidak nernyawa
    nova anggelia  nova anggelia
    Anggota
    Krn pada akhirnya persalinan normallah yg di lakukan,,seandainya normal untuk apa kita di rujuk ke rumah sakit..

    Hai Nova,

    Menjawab pertanyaan Anda, 

    Tentu jika sudah direncanakan akan operasi sesar, maka pihak RS dan dokter tidak akan menunggu sang ibu hamil untuk mules dulu, baru melakukan tindakan tersebut. Tetapi kami juga tidak dapat memastikan kenapa dokter menunda dan melakukan tindakan persalinan normal tersebut. Anda sebaiknya mengkomunikasikan hal ini langsung dengan dokter agar lebih jelas. Beberapa indikasi medis dapat menjadi alasan tindakan tersebut, tentu dokter yang merawat keponakan Andalah yang lebih mengetahuinya.

    Ketuban pecah tidak mengharuskan calon ibu untuk langsung operasi sesar. Umumnya akan diberikan waktu sekitar 24 jam untuk dapat melahirkan secara normal. Tetapi jika tidak ditemui tanda tanda akan melahirkan dalam waktu dekat, maka dianjurkan untuk dilakukan sesar, mencegah agar tidak muncul infeksi pada ibu dan bayi.

    Sebaiknya segala sesuatu yang terasa mengganjal bagi pasien dan keluarga, dan dirasa perlu untuk ditanyakan, lebih baik ditanyakan langsunng kepada dokter dan pihak rumah sakit, agar tidak terjadi miskomunikasi.

    Bayi lahir mati, dapat disebabkan oleh proses atau gangguan selama kehamilan, ataupun selama persalinan. Hal ini dapat diketahui lebih awal, jika diperiksakan lebih awal ke dokter. Oleh karena itu pemeriksaan selama kehamilan sangat disarankan, tidak hanya kepada bidan, tetapi juga kepada dokter. Terutama jika sang calon ibu memilik beberapa gangguan seperti miopia tinggi/ rabun jauh tadi.

    Baca: Hal hal yang tak terduga selama proses persalinan

    Demikian penjelasan dari kami, semoga membantu