Tanya Dokter

  • Pertimbangan untuk persalinan normal

  •  katharina
    Anggota
    Dok,saya ingin menanyakan apakah diijinkan persalinan normal untuk anak kedua saya?terakhir kali operasi secar pada persalinan anak pertama saya tgl 21 april 2012 dikarenakan pada waktu persalinan pertama bukaan tidak maju maju dari 6 ke 7 selama 3 jam dan dokter tidak ada menginduksi,lgsg memutuskan operasi. Saat ini kondisi bayi dikandungan saya normal,kepala dibawah,berat bayi 2,8.Tetapi dok,dokter yg skrg lgsg memutuskan operasi antara tgl 20 s/d 25 november 2017.Haid terakhir saya 26 februari 2017.Kata dokter bahaya melahirkan normal,takut . rahim saya pecah,apa itu benar dok?mohon infonya dok.

    Hai Katharina. Melakukan persalinan normal setelah memiliki riwayat persalinan sectio caesaria bukan merupakan hal yang mustahil. Secara umum, jarak kelahiran di atas 3 tahun diperbolehkan melakukan teknik persalinan normal. Namun, hal itu perlu dikembalikan lagi dengan kondisi kehamilan anda apakah memiliki penyulit tertentu atau tidak. Selain itu, riwayat operasi anda sebelumnya juga penting menjadi pengukuran kondisi sekarang. 

    Anda dapat mendiskusikan keinginan anda dengan dokter kandungan anda. Memang, jika anda sebelumnya telah caesar dan kemudian ingin melakukan persalinan normal, jika kondisi kehamilan tidak baik, kondisi kehamilan sebelumnya juga memiliki masalah, riwayat persalinan ada masalah atau jarak kelahiran yang terlalu dekat (<3 tahun) memang beresiko untuk persalinan normal karena resiko robeknya rahim. 

    Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter anda. Hal terpenting adalah anda dan anak anda dapat melewati proses persalinan dengan baik. Tetap jaga kondisi tubuh agar fit, jalan ringan sebagai olahraga, kelola stres, dan istirahat cukup. Berikut mengenai persiapan kelahiran. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa