Tanya Dokter

  • Persendian nyeri dan kaku serta demam pada malam hari

  •  Dhan1015
    Anggota
    Siang dok. Usia saya 38 th. Sudah beberapa hari ini saya mengalami panas pada malam hari dan persendian saya terasa kaku semua. Kalau di gerakkan terasa nyeri. Saya pernah periksa ke dokter apakan saya terkena rematik. Jawab nya belum Samapi keana, cek darah masih normal. Apa yang harus saya lakukan ? Terimakasih

    Dhan yang baik,

    panas atau demam, sejatinya merupakan respons tubuh terhadap adanya abnormalitas dalam tubuh dengan memodifikasi pusat pengaturan suhu di hipotalamus. Abnormalitas ini bisa terjadi dalam beragam bentuk. Di Indonesia yang merupakan negara tropis, demam paling sering disebabkan oleh proses infeksi baik oleh virus, bakteri, maupun parasit. Infeksi ini memicu tubuh mengeluarkan sel-sel radang yang pada akhirnya merubah titik standar suhu di hipotalamus sehingga tubuh mengalami kenaikan suhu. Kondisi ini pun seringkali diiringi dengan gejala lainnya seperti lemah tubuh, nyeri di sekitar sendi, kaku, penurunan napsu makan dan lain sebagainya. Keluhan nyeri sendi Anda juga bisa dipertimbangkan sebagai kondisi arthritis yakni radang sendi yang bisa disebabkan oleh proses autoimun, penuaan, ataupun infeksi seperti septik arthritis.

    Nyeri dan panas yang timbul dapat dikurangi dengan penurun panas yang juga berfungsi sebagai penahan nyeri, yang dijual bebas seperti paracetamol tentunya dengan memperhatikan petunjuk pemakaian yang ada. Berikan asupan cairan yang cukup untuk membantu mengurangi keluhan demam. Jika kondisi terus berlanjut jangan ragu memeriksakan diri ke dokter. Berikut kami lampirkan artikel mengenai demam. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief