Tanya Dokter

  • Persalinan normal setelah caesar

  •  Iin Mutiyah
    Anggota

    pagi dok... dok, saya mau bertanya.. jika seorang ibu yg melahirkan anak pertama nya melalui operasi sesar, apakah di kehamilan kedua dia bisa melahirkan secara normal? mohon penjelasan nya dok.

    Halo Iin..   Tentu saja ibu tersebut bisa melahirkan kehamilan keduanya secara normal dengan syarat bahwa kehamilan kedua tersebut memenuhi syarat untuk lahir normal. Penentuan metode persalinan akan ditentukan dari kondisi ibu dan janin saat kehamilan dan saat proses persalinan akan dimulai. Beberapa syarat yang dimaksud antara lain adalah :

    1. Jarak antara kehamilan pertama dan kedua lebih dari 2 tahun, semakin lama ibu tersebut hamil maka semakin besar kemungkinan untuk melakukan persalinan normal.
    2. Ukuran bayi tidak besar. Jika bayi berukuran besar (>4 kg) maka kemungkinan untuk bersalin secara normal akan lebih sulit.
    3. Panggul besar. Jika panggul ibu kecil maka kemungkinan untuk bersalin normal akan lebih sulit.
    4. Adanya plasenta previa totalis. Jika plasenta menghalangi jalan lahir maka kemungkinan untuk bersalin normal tidak bisa dilakukan.
    5. Preeklampsia atau eklampsia
    6. Terjadi gawat janin. Jika kondisi bayi dalam kandungan memerlukan pengeluaran bayi segera maka kemungkinan caesar akan lebih besar.
    7. dll.
    Maka dari itu maka setiap kehamilan perlu diperiksakan secara seksama ke dokter kandungan. Dengan melakukan Pengecekan setiap bulan akan diketahui kemungkinan metode persalinan yang bisa dilakukan. Baca topik Persalinan normal setelah caesar. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi