Tanya Dokter

  • Tidak merasakan gejala HIV, apakah sudah pasti tidak HIV?

  •  putraandi
    Anggota

    Selamat Malam Dok,

    Apakah seseorang yang tanpa mengalami gejala atau pertanda apapun yang menandakan pertanda gejala awal HIV dapat positif terkena HIV nantinya ?

    Soalnya saya sudah melewati masa jendela yaitu 3 bulan 7 hari dan melakukan tes HIV hasilnya nonreactive. Selama itu saya hanya merasakan meriang kadang-kadang, pusing kadang-kadang, dan pernah sariawan selama 1 minggu

    apakah saya benar2 tidak terkena HIV dok mohon solusinya terima kasih

    Salam,

    Pasien dengan riwayat seksual aktif dan mempunyai riwayat hubungan seksual beresiko mempunyai resiko lebih tinggi terhadap infeksi HIV pada satu waktu dalam aktivitas seksual aktifnya. Sehingga untuk mencegah resiko ini terjadi, kita harus memutus pencetus penyebaran HIV salah satuya yaitu menghindari hubungan seks beresiko dan menghindari seks diluar nikah, serta menghindari penggunaan jarum suntuk tidak steril. Karena sekhawatir apapun Anda, tapi bila masih terus melakukan resiko HIV, maka kondisi ini akan tetap menjadi resiko yang besar untuk Anda.

    Bila pasien sudah melakukan pemeriksaan tes HIV dan hasilnya negatif maka, kemungkinan besar pasien tidak terinfeksi HIV. Adanya keluhan flu like syndrome atau keluhan flu, kemungkinan merupakan tanda umum bagi gangguan kondisi fisik kita. Namun, bila Anda melakukan aktivitas seksual beresiko setelah pemeriksaa HIV terakhir, maka hal ini tidak menjamin kemungkinan penularan HIV. Sehingga setelah Anda selesai dinyatakan bebas HIV, maka langkah selanjutnya adalah menghentikan rantai penyebab penularan HIV, dan itu harus Anda lakukan.

    Untuk keluhan flu yang Anda rasakan, sebaiknya Anda menjaga kondisi fisik Anda dari kelelahan, menghindari rokok, menghindari gorengan yang memicu keluhan flu ini.

    Konsulkan dengan dokter Anda terhadap keluhan yang Anda rasakan, sehingga dokter dapat mengetahui penyebab flu dan membantu pemulihan kondisi fisik Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga pemeriksaan HIV.

    dr. Ulfi