Tanya Dokter

  • Penyebab sperma keluar kembali dari vagina setelah hubungan intim

  •  Mila mutiara
    Anggota
    Siang dok saya mau tanya, kenapa yaa setiap sesudah berhubungan sperma suami saya ada yang tumpah? Apa itu bisa menghambat hamil? Dan kapan waktu yang baik untuk hb setelah haid?

    Hallo Mila, terima kasih  telah bertanya di Alodokter :')

    Saat ejakulasi, penis dapat menembakkan air mani atau semen yang berkisar 2 - 5 ml. Didalam air mani atau semen tersebut terkandung sperma yang normalnya berjumlah 15 juta sampai 120 juta sperma per mililiter air mani yang dikeluarkan saat ejakulasi. Jadi jika saat suami anda mengalami ejakulasi kemudian masih ada juga air mani yang keluar tumpah dari vagina,  hal ini dapat menandakan bahwa jumlah air mani yang dikeluarkan saat ejakulasi berjumlah banyak atau posisi anda saat suami ejakulasi kurang baik sehingga terdapat air mani yang keluar dari vagina.

    Beberapa hal yang dapat mempengaruhi terjadinya kehamilan adalah :

    • Kondisi kualitas sperma laki - laki (bentuk dan pergerakan sperma)
    • Kondisi kuantitas sperma laki - laki (jumlah sperma yang ditembakkan setiap kali ejakulasi)
    • Kesehatan reproduksi laki - laki
    • Kesehatan reproduksi wanita
    • Kualitas dan kuantitas sel telur yang dihasilkan
    • Waktu melakukan hubungan seksual. Peluang untuk terjadinya kehamilan lebih besar jika melakukan hubungan seksual dimasa subur wanita.

    Kemudian yang ingin saya tanyakan, apakah selama ini anda memiliki siklus menstruasi yang normal ?

    Masa subur seorang wanita yang memiliki siklus menstruasi yang normal adalah terletak pada hari ke 12 hingga hari ke 16 yang dihitung sejak hari pertama haid terakhir. Sebagai contoh jika hari pertama haid anda adalah tanggal 22 september, maka masa subur anda berada sekitar tanggal 3 hingga 7 oktober. Kemudian jika anda melakukan hubungan seksual ditanggal 1 oktober, masih mungkin juga bisa terjadinya kehamilan walaupun kemungkinan untuk terjadinya kehamilan tersebut tidak sebesar saat masa subur berlangsung. Silahkan baca artikel dibawah ini untuk informasi tambahan :

    Semoga informasi ini bermanfaat :')

     - dr. Lia N. Amalina