Tanya Dokter

  • Apakah gastritis bisa sembuh?

  •  antony
    Anggota

    Selamat malam dokter, apa boleh saya mohon informasinya dari dokter mengenai tentang seputar masalah lambung / Gastritis, karena saya 2 th yang lalu di vonis dokter ( sppd.kgeh ) di jakarta yang saya kunjungi di rumah sakit jakarta pusat kalo saya terkena ( Gastritis / Radang Kelenjar ).

    Yang ingin saya tanyakan kepada dokter adalah :

    1. Apakah penyakit Gastritis / Radang Kelenjar bisa sembuh?

    2. Apakah hanya dengan ( Endoscopy ) saja satu-satu nya jalan untuk mengetahui secara detail / secara pasti Apa yang terjadi dengan lambung saya...?

    3. Apakah tidak ada obat yang ( Khusus ) untuk dapat menyembuhkan penyakit ( Gastritis / Radang Kelenjar )....?

    Gejala yang masih saya alami sampai sekarang selama dari th 2013 - 2015 ini adalah...?

    1. Sehabis makan pasti perut saya langsung kembung & tubuh terasa berat / kaku.

    2. Sehabis makan saya pasti merasakan agak susah bernafas & pasti selalu mengeluarkan ( Gas Banyak Sekali ) yang keluar secara sedikit-sedikit dari Lambung saya, seperti adanya ( Penyempitan Di Saluran Pencernaan Yang Akan Masuk Ke Lambung ) saya.

    3. Semakin banyak Gas yang keluar dari lambung saya setelah saya makan, maka saat itu baru saya dapat merasakan ( Enteng / Ringan ) pada tubuh saya.

    3. Sehabis makan di Tenggorokan saya seperti ada yang ( Menganjal. & Suka keluar Air & Terkadang Suka Keluar Nasi 1-3 pcs Jika Pas Saya Bersendawa / Keluar Gas Dari Lambung )

    4. Sehabis makan di bagian bawah Tenggorokan perbatasan yang mau masuk ke lambung selalu terasa seperti ( Tertutup Lubang Pintu Masuk Ke Lambung nya ) sehinga saya sangat susah sekali jika ingin mengeluarkan Gas yang ada di dalam Lambung saya & saya harus selalu memancing Gas nya untuk keluar dengan cara duduk tegak di kursi selama 3-5 menit berulang-ulang sampai peurt saya terasa ( Enteng / Ringan )

    5. Semakin banyak Gas yang keluar dari perut saya, maka semakin baik, dengan begitu baru saya dapat merasakan Enteng pada tubuh saya & saya baru dapat merasakan Nafas yang enak / Plong perut saya.

    Demikian kondisi yang saya alami selama 2 th berturut-turut ini yang benar-benar sangat menggangu aktifitas kerja saya sehari-hari nya.

    Saya sangat berharap sekali kalo saya bisa mendapatkan jawaban yang secara jelas dari dokter agar saya tidak Depresi terhadap penyakit yang saya alami ini yang tidak kunjung-kunjung sembuh, padahal saya sudah berulang kali ke dokter ( sppp & sppd.kgeh ) tetapi tidak kunjung sembuh juga sampai hari ini saya menuliskan pertanyaan ini.

    Sebelumnya saya ingin mengucapkan Terima Kasih Banyak terhadap forum yang disediakan ini untuk orang yang mengidap gastritis / masalah lambung mendapatkan solusi penyembuhan nya.

    Sekian & Terima Kasih

    Regards

    Antony

    Halo Anthony, Saya akan merespon jawaban anda secara berurutan:

    1. Gastritis / Radang lambung dapat disembuhkan tapi butuh waktu yang lama.
    2. Ya betul hanya pemeriksaan endoskopi lah yang dapat menegakkan diagnosa pada masalah lambung
    3. Obat yang ada hanya melindungi lambung dan membiarkan lambung sembuh sendiri
    Saya akan coba menjelaskan tentang penyembuhan lambung: Pada lambung yang mengalami peradangan atau luka, akan mengalami proses penyembuhan seperti sel tubuh lainnya kecuali sel syaraf. Sebagai contoh, jika tangan anda tergores hingga berdarah, cukup anda diamkan selama 3-5 hari tentu luka akan menutup kembali dengan normal. Akan tetapi pada proses penyembuhan luka tersebut selain membutuhkan waktu, membutuhkan faktor lain juga untuk menjaga proses penyembuhan luka agar dapat berjalan lancar. Faktor lain yang diperlukan adalah keadaan luka dimana luka tetap terjaga kering tidak basah, tidak digoyang-goyang atau digosok-gosok, dsb. Pada lambung, anda tidak mungkin menjaga agar luka di lambung tetap kering atau tidak digoyang-goyang/digerakkan. Hal ini dikarenakan manusia butuh makan dan minum yang dimana kedua hal ini pasti masuk dan diolah oleh lambung. Obat yang ada selama ini hanyalah melindungi dinding lambung secara langsung atau menjaga agar tidak mengeluarkan asam lambung berlebih yang dapat memperparah luka pada dinding lambung. Karena keadaan lambung yang selalu basah dan digerak-gerakkan oleh makanan dan minuman, butuh waktu penyembuhan yang tergolong lama bisa 1-2 bulan. Dan ketika lambung sembuh, tidak menutup kemungkinan anda akan mengalami hal yang sama lagi setelah periode waktu tertentu (bisa bulanan hingga tahunan) Sebisa mungkin saya mencoba jelaskan apa yang anda pertanyakan, jika jawaban saya kurang memuaskan atau kurang jelas, sebaiknya anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter ahli penyakit dalam (KGEH) lainnya dan meminta penjelasan (bisa dikatakan kuliah singkat) akan hal ini. Gejala anda bisa mengarah ke GERD juga dimana asam lambung bisa naik ke atas. Artikel ini harus anda baca juga agar lebih paham: Berikut tips untuk anda:
    • Jangan makan makanan pedas dan asam
    • Makan tepat waktu
    • Makan makanan ringan dijeda antara makan besar (snack time)
    • Jangan minum kopi dan teh atau berkafein tinggi
    • Jangan minum minuman bersoda
    • Jangan merokok dan minum minuman keras
    • Olah raga teratur
    • Kurangi stress
    Semoga membantu, Dr. Yosephine U. L. Simanungkalit