Tanya Dokter

  • Penggunaan susu hamil, vitamin E dan folavit untuk program hamil

  •  Milladienna
    Anggota
    Mohon informasinya, apakah mengkonsumsi secara rutin produk seperti prenagen esensis, ever e 250 dan folavit dapat membantu mempercepat kehamilan? Atau dapat digunakan saat sedang program hamil? Terima kasih

    Salam,

    Pada pasien yang merencanakan kehamilan, perlu diketahui sejak dini ada tidaknya kendala dalam menjalankan program kehamilan atau seberapa jauh usaha dan hasil yang sudah dijalani setelah pernikahannya. 

    Bila selama ini tidak ditemukan adanya kendala atau tidak ditemukan maslaah keseburan, maka secara umum pasangan suami istri dapat menjalani rencana kehamilan atau menjalani program kehamilan tanpa kondisi khusus, seperti pemberian obat-obatan.

    Namun, bila ditemukan adanya masalah kesuburan pada pasangan suami istri, perlu dipastikan dengan pemeriksaan dokter untuk mengetahui penyebab gangguan ini. Dan pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab kesuburan ini. 

    Pengobatan dengan vitamin E, asam folat, dapat digunakan untuk membantu mencegah resiko gangguan program kehamilan akibat gangguan hormon, gangguan ovulasi, ataupun gangguan matabolisme vitamin.

    Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan obat dengan mandiri, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk pemeriksaan dan evaluasi keluhan yang Anda rasakan. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan evaluasi kesuburan baik pihak suami atau istri. Penatalaksanaan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan,

    Yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kondisi fisik tetap optimal, mengidealkan berat badan. Dan istirahat yang cukup.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga merencanakan-kehamilan.

    dr. Ulfi