Tanya Dokter

  • Anak usia 15 bulan belum bisa jalan

  • Assalamu alaikum dok, saya mau tanya, saya punya keponakan umurnya 15 bulan tapi belum bisa jalan penyebabnya apa dok..?

    Halo,   Perkembangan bayi tidaklah sama pada setiap kasus dan dipengaruhi dari kondisi bayi dan lingkungannya masing masing. Pada kebanyakan kasus bayi mulai bisa berjalan sendiri sekitar usia 12 bulan - 15 bulan. Ada beberapa yang pada usia 9 bulan sudah mampu berjalan sendiri namun ada beberapa kasus keterlambatan baru bisa berjalan saat usia 15 bulan - 18 bulan. Melihat tumbuh kembang bayi tidaklah berasal dari 1 aspek saja contoh berjalan. Banyak aspek yang dinilai dari tumbuh kembang bayi seperti :

    1. Motorik = memegang 2 benda dengan 1 tangan, berjalan sendiri atau dengan bantuan.
    2. Sensorik = membedakan bagian tubuh, mengeksplorasi sekitar.
    3. Kognitif = membuat garis, menyusun kotak, mengucapkan kata mama -papa.
    4. Respon = memeluk orang tua, meniru kata yang diucapkan dll.
    Jika bayi yang Anda sebutkan ini sudah mampu berdiri sendiri tanpa bantuan dan melangkah dengan topangan (memegang benda atau tembok) maka sebenarnya tidak terjadi keterlambatan pada kasus bayi ini. Namun jika bayi ini bahkan belum bisa duduk sendiri atau menopang punggungnya untuk duduk tegak dan memiliki ciri ciri lain seperti kaki yang lemah. lembek dll, atau belum bisa berjalan saat usia mencapai >18 bulan maka sebaiknya Anda menyarankan orang tua bayi untuk memeriksakan bayinya ke dokter anak. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi  

    Ahmad Haeruddin  Ahmad Haeruddin
    Anggota

    Wah, makasi dok, berarti bisa jadi bayinya berjalan hingga usi 18 blan karena sudah bisa mengoceh dll.