Tanya Dokter

  • pertumbuhan gigi pada anak

  •  Devian
    Anggota
    Berdasarkan pertanyaan yang pernah saya ajukan tentang pertumbuhan gigi anak.... Apa ada kemungkinan bakal gigi tetap tidak tumbuh setelah pencabutan gigi susu..? Apa akan ompong selamanya pada gigi seri depan...? Apa ada obat atau perangsang khusus untuk pertumbuhan gigi yang lambat....? Bila tidak adanya bakal gigi tetap apa tindakan yang mesti diambil...? Apa hal ini wajar melihat gigi yang lain sudah pernah tanggal dan tumbuh gigi baru sedangkan yang satu ini tidak ada perubahan hingga bertahun".....?

    Terima kasih Devian atas pertanyaannya.

    Gigi tetap yang tidak tumbuh, dapat disebabkan karena:

    1. Memang tidak ada benih gigi tetap

    2. Arah pertumbuhan gigi yang tidak baik sehingga tertahan oleh gigi di sebelahnya

    Hingga saat ini, tidak ada obat-obatan yang dapat mengatasi kedua hal tersebut. Jika memang tidak ada benih gigi tetap, maka gigi tidak akan tumbuh (jumlah gigi tetap akan lebih sedikit daripada normal). Namun jika pertumbuhan gigi yang arahnya tidak baik, maka harus dilakukan tindakan oleh dokter gigi.

    Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi mengenai hal ini Mungkin diperlukan pemeriksaan seperti rontgen panoramic untuk melihat benih dan arah pertumbuhan gigi. Jika memang tidak ada benihnya, dokter gigi dapat membuatkan gigi palsu.

    Anda juga dapat membaca artikel terkait:

    Gigi ompong

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya