Tanya Dokter

  • Pertumbuhan Kuku Pasca Pencabutan

  •  Andri Gilban
    Anggota

    Dok saya mau tanya, kuku saya dicabut habis karena terjadi kecelakaan. Kemudian dijahit. Setelah dua minggu jahitan dicabut dan luka kukunya pun sudah kering. Karena lukanya sudah kering saya gak pake perban lagi dan kuku nya sering kena air apa tidak apa apa dok? terus kuku saya bakal tumbuh lagi gak dok? Tumbuhnya berapa lama dan bisa seperti semula lagi gak dok? Terima kasih sebelumnya.. Salam

    Halo Andria, terima kasih sudah bertanya ke Alodokter

    Kuku yang telah dicabut setelah terjadi kecelakaan pada umumnya dapat tumbuh kembali jika bagian matrix kuku tidak rusak. Jika bagian matrix rusak, maka pertumbuhan kuku masih mungkin terjadi namun kuku dapat terlihat kasar dan rapuh atau bergelombang. Pertumbuhan kuku juga membutuhkan waktu yang cukup lama, hingga berbulan-bulan sampai tahun. Pada awalnya lapisan dasar kuku akan mengeras terlebih dahulu dan kemudian diikuti dengan pertumbuhan kuku secara perlahan.

    Bekas luka yang telang mengering tidak perlu diberi perban dan boleh terkena air, asalkan kebersihan dari daerah tersebut tetap terjaga.

    Jika Anda masih ragu sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke Dokter, untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung dan penangann jika diperlukan.

    Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

    • Menjaga daerah kuku agar tetap bersih
    • Hindari menggunakan alas kaki yang terlalu sempit
    • Beristirahat yang cukup
    • Mencukupi kebutuhan gizi dan cairan sehari-hari

     

    Semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Christian Haryanto