Tanya Dokter

  • Pertumbuhan tinggi badan pada usia 17 tahun

  • Dok, saya mau tanya apakah obat tinggi suplement makanan yg dijual di media sosial benar benar terbukti bisa meninggikan badan pada wanita 17 tahun ke atas? Terima kasih dok

    Salam,

     

    Pertumbuhan tinggi manusia pada usia 17 tahun akan mengalami penurunan percepatan pertumbuhan. Sehingga pada usia 17 tahun pertumbuhan tinggi akan tetap terjadi, namun tidak secepat saat usia 12-16 tahun sebelumnya. Sehingga untuk memicu pertumbuhan tinggi badan yang optimal, seharusnya kita merangsangnya pada saat usia awal puber ini, atau usia sekitar 12-16 tahun baik dengan oleh raga atau meningkatkan gizi sehat. 

     

    Sedangkan berkaitan dengan obat atau suplemen yang membantu peningkatan tinggi badan, seharusnya obat-obat atau suplemen ini kurang optimal bila digunakan pada usia setelah masa puber, hal ini berkaitan dengan faktor hormon pertumbuhan pada usia setelah puber. Begitu pula obat peniggi badan yang merangsang Human growth hormon, yang digunakan pada anak dengan gangguan pertumbuhan, obat ini akan efektif pada masa pertumbuhan anak sebelum masa puber.

    Oleh karena itu, berkaitan dengan suplemen untuk peninggi badan, perlu kiranya kita mengetahui komposisi yang terkandung dalam suplemen itu serta mendapatkan bukti penelitian klinis dari produk terkait atau bukti penelitian dari komposisi produk yang terkait. Adanya klaim dari produsen suplemen tidak menjamin keberhasilannya, terutama bila tidak didukung dengan data penelitian klinis yang sesuai dan ijin dari BPOM. 

    Beberapa suplemen peninggi badan, FDA atau regulator pengawas obat di Amerika juga tidak memberikan jaminan atas klaim produsen. 

    Bila Anda mempunyai keluhan berkaitan dengan tinggi badan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter ahli gizi klinis, atau dokter spesialis sport medicine untuk membantu meningkatkan tinggi badan Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga suplemen tinggi badan.

    dr. Ulfi