Tanya Dokter

  • Perubahan waktu minum obat OAT

  •  Yudha Arega
    Anggota
    Selamat pagi dok. Saya penderita TB, saya sudah menjalani pengobatan selama 4 minggu.Entah karna efek obat atau apa saya ngerasain mual,muntah2,nafsu makan berkurang,muka pucat,dan lemas.Berhubung saya karyawan jelas ini sangat mengganggu sampai saya harus cuti kerja. Pertanyaanya apa boleh saya merubah jadwal minum obat yg tadinya rutin tiap pagi menjadi malam sebelum tidur? Terima kasih.

    Halo Yudha,terimakasih telah bertanya di alodokter.
    penyakit TBC adalah penyakit pada paru yang disebabkan oleh penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri mycobakterium tuberculosis,dan memiliki beberapa gejala seperti  batuk lebih dari 1 bulan,demam terus menerus lebih dari 2 minggu,mual dan muntah, penurunan berat badan,keringat saat malam hari. Pengobatan TBC dapat diobati dengan Obat Anti Tuberkulosis (OAT). Untuk kategori pengobatan TBC tipe 1 biasanya membutuhkan pengobatan selama 6 bulan. Beberapa pengobatan ini memang menimbulkan keluhan seperti yang anda alami. Beberapa efek samping yang ditimbulkan adalah:
    1. INH : lemas,kesemutan pada jari,mual, muntah
    2. Rifampisin : Demam, nyeri pada tulang,mual, muntah,diare,anemia,purpura
    3. Pirazinamid : Hepatitis drug induced (hepatitis oleh karena konsumsi obat),nyeri sendi,asam urat,demam
    4. Etambutol : Buta warna merah hijau,gangguan penglihatan
    5. Streptommisin : Demam,nyeri kepala,muntah
    Selama pemakaian obat-obatan ini,biasanya diberikan obat pendamping untuk mengurangi efek-efek yang ditimbulkan. Sangat disarankan anda kembali berkonsultasi ke dokter terkait mengenai gejala yang anda alami dan perubahan waktu minum obat. Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat.Salam dr. Celleen