Tanya Dokter

  • Obat untuk menormalkan splenomegali

  •  Dwi Cuz
    Anggota

    selamat sore dok..... sya mau tanya apakah spelomegali ada obatnya agar normal kembali....dn bagaimana agar hb normal peredaran darag lancar...

    trima kasih .

    Dwi Cuz  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Dwi, Splenomegali merupakan istilah medis yang digunakan untuk mewakili pembesaran limpa. Limpa manusia terletak pada rongga perut sisi kiri atas, yang normalnya berukuran antara 12 cm x 7 cm dan tidak teraba. Limpa merupakan salah satu organ pertahanan dari infeksi partikel asing yang masuk ke dalam darah dan juga merupakan tempat penghancuran sel darah merah. Pembesaran limpa dapat disebabkan oleh :

    1. akibat peningkatan fungsi limpa, misal akibat kelainan sel darah merah/ hemoglobin (thalasemia, anemia defisiensi besi, anemia sel bulan sabit, dll), infeksi sistemik (AIDS, hepatitis, CMV, sifilis, tuberkulosis, malaria, dll), penyakit imun (lupus sistemik, anemia hemolitik imun, reaksi obat, dll)
    2. kongesti pembuluh darah pasif akibat bendungan darah dari hati (hepatitis, gagal jantung, dll)
    3. infiltrasi sel-sel ganas (leukemia, limfoma, dll)
    Hemoglobin (Hb) merupakan protein molekul sel darah merah yang bertugas berikatan dengan oksigen, dari paru ke jaringan tubuh, dan berikatan dengan karbondioksida, dari jaringan tubuh ke paru. Nilai normal Hb bervariasi, bergantung pada jenis kelamin dan usia, secara umum nilai Hb laki-laki dewasa adalah 14-18 g/dL dan perempuan dewasa adalah 12 - 16 g/ dL (nilai referensi dapat berbeda-beda). Kelainan Hb antara lain ditemukan pada penyakit : Sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam untuk mengetahui penyebab jelas dari pembesaran limpa. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab, apakah ukuran limpa dapat kembali normal atau tidak. Beberapa langkah pencegahan pembesaran limpa yang dapat dilakukan di rumah, meliputi :
    • konsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung zat besi dan vit B12+asam folat
    • istirahat cukup
    • olahraga teratur
    • hindari alkohol
    • jangan berganti-ganti pasangan
    Semoga membantu, dr. Rico Novyanto