Tanya Dokter

  • perut bagian atas tengah seperti membesar dan ada yang mengganjal

  •  ekawulan2001
    Anggota

    Halo dok.. Saya eka umur 24 thn, sudah hampir 1 thn ini sy menderita sakit maag, sudah bbrp kali ganti dokter masih tetep saja sering kambuh, sudah bnyak obat jg yg sy mnum. Sudah seminggu ini dok perut bagian atas sy seperti membesar, bengkak, dan ada yg mengganjal, rasa'a ga enak, kadang sperti org lg lapar saja, ditekan jg tdk sakit, cm seperti ada yg mengganjal kalo duduk, dan ada lipatan'a jg.. Sebelum'a memang sering mual, smpe sy fikir sy hamil.. Ternyata ga lama mens sy dtg.. Sy priksa lg ke dr.Sp PD, kata'a gpp, smpe di USG pun normal2 sajah, Tp knp masih terasa mengganjal yaa dok? Itu apa? Slm ini jg sy sering sekali sariawan di bagian lidah, apa ada hubungan'a dg asam lambung? Mohon penjelasan'a dok, rasa mengganjal dan perut yg sy rasa tambah membesar itu apa? Dan apa tindakan selanjutnya yg harus sy lakukan?

    Terima kasih dok, atas jawaban'a..

    Hello, Anda telah melakukan tindakan yang benar untuk memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan diagnosa penyakit yang Anda alami. Dengan melakukan pemeriksaan USG yang dilakukan oleh dokter, maka dokter dapat melihat organ-organ yang terdapat pada perut Anda secara langsung melalui layar komputer. Namun pada dasarnya, jika mengalami pembengkakan pada perut bagian atas, kemungkinan gangguan yang dapat terjadi antara lain:

    1. Hepatitis
    2. Abses hepar
    3. Gastritis
    4. Limpadenopati
    5. Asites
    6. Tumor pada lambung
    7. Tumor pada usus
    8. dan lainnya
    Jika ada pembesaran pada salah satu organ dalam perut, layaknya dapat terlihat pada pemeriksaan USG, kecuali jika pembesaran tersebut masih kecil sehingga memiliki kemungkinan untuk tidak terlihat jelas pada pemeriksaan USG. Jika dokter mendiagnosa Anda sebagai penyakit asam lambung, maka hal tersebut dapat terjadi sebagai akibat terkumpulnya gas dalam lambung Anda sehingga Anda merasakan sesak nafas atau terasa penuh akibat membesarnya volume lambung tersebut. Berikut adalah laman yang membahas mengenai penyakit asam lambung secara lebih mendetail termasuk cara pengobatannya. Selain penyakit-penyakit diatas (termasuk penyakit asam lambung), keluhan yang Anda rasakan juga dapat disebabkan oleh menelan udara, akibat makanan tertentu atau obat-obatan tertentu. Anda dapat mengakses laman ini, untuk mengenal lebih lanjut mengenai perut kembung dan cara menanganinya. Namun anjuran yang dapat diberikan pada Anda yang terbaik adalah Anda mengkontrol kembali penyakit Anda secara teratur ke dokter, sehingga dokter dapat mengikuti perkembangan penyakit Anda secara teratur dan dapat menentukan penanganan yang terbaik untuk Anda. Terkadang penyait asam lambung memerlukan waktu yang cukup lama untuk sembuh. Dan Anda juga perlu mengikuti anjuran yang diberikan oleh dokter, disamping mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan secara teratur. Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean