Tanya Dokter

  • Kram pada perut bagian perut

  •  seorangwanita
    Anggota

    Siang, Dok.. Saya punya keluhan perut bagian bawah saya kram dan terasa sakit, padahal siklus haid saya sudah selesai. Kram sudah terasa dari beberapa hari sebelum haid dan berlangsung sampai sekarang. Padahal biasanya hanya terasa ketika haid hari pertama sampai hari kedua. Saat saya haid kemarin juga darah yg keluar bukan darah segar yg berwarna merah kehitaman dan dalam jumlah yg banyak. Tetapi darah yg keluar hanya sedikit, warnanya cokelat dan teksturnya tidak terlalu kenyal, hampir seperti darah setengah kering. Semua itu karena apa, ya Dok? Terimkasih, Dok..

    Hai Tergantung dari sudah berapa lama keluhan gangguan haid yang Anda alami ini berlangsung. Bila baru saja berlangsung, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena kemungkinan akibat ketidakseimbangan hormonal sementara dan akan kembali normal pada beberapa siklus mendatang, terkadang juga dapat disertai nyeri perut yang tidak biasa. Beberapa penyebab dari ketidakseimbangan hormonal seperti:

    • Stres psikologis
    • KB hormonal seperti pil, suntik atau susuk
    • Diet ketat
    • Penurunan berat badan berlebih
    • Kelelahan fisik
    • Dan murni akibat hormonal yang penyebab pastinya tidak diketahui (disfungsional).
    Namun bila berlangsung lama, dan disertai nyeri perut yang semakin hebat, ada baiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan USG bila diperlukan. Beberapa penyakit yang dapat menimbulkan gejala serupa, antara lain: Informasi lengkap mengenai gangguan siklus haid telah diulas oleh tim Alodokter.com, Anda dapat membacanya pada artikel berikut ini: Mewaspadai siklus haid yang tidak normal. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william  

    seorangwanita  seorangwanita
    Anggota

    Terimakasih, Dok.. Ada satu lagi.. Kram yg seperti ini saya alami beberapa bulan terakhir ini. Sebelumnya tidak pernah terjadi. Dan sekarang rasa sakit itu terasa sekali di perut bagian bawah kanan. Setiap saya berjalan atau mengangkat kaki akan terasa sakit. Di perut bagian bawah sebelah kiri juga terasa sakit, tetapi tidak sesakit perut bagian bawah sebelah kanan. Dan kalau mengenai siklus haid, haid saya sudah selesai 2 hari lalu, tapi sekarang ini baru terasa sakitnya, bahkan lebih sakit ketika sedang haid.