Tanya Dokter

  • Perut bagian pusar sakit

  • Dok, anak sy umur 5,5thn sudah hmpir 1 minggu perut sekitar pusar selalu sakit. Awalnya panas perutnya dan kembung. Tpi mkin ksini sudah tidak seperti itu dok.skrng sakit perutny hanya mnjelang malam. tpi selama sakit perut tidak ada gejala lain. Kadang dia merasa lebih baik kalau dielus daerah perut dan punggung. Apakah sakitny berbahaya dok? Tolong solusinya dok. Terimakasih

    Halo Kirana......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa sakit perut yang terjadi pada anak anak dapat saja disebut wajar atau normal, jika sakit perut hilang dalam waktu kurang dari tiga jam.

    Berikut Ini beberapa penyebab sakit perut yang tergolong normal pada anak, diantaranya adalah : sembelit, alergi makanan, naiknya asam lambung, radang tenggorokan, infeksi telinga, kolik, kembung, depresi atau cemas.

    Sedangkan apabila sakit perut sudah lebih dari 24 jam tidak juga kunjung hilang, maka hal ini bisa saja mengarah ke yang lebih serius, diantaranya disebabkan oleh : peradangan pada usus buntu, Keracunan, sumbatan aliran makanan di dalam usus, luka yang terdapat pada dinding lambung bagian dalam, batu empedu, infeksi saluran kemih, dan lain sebagainya.

    Oleh karena itu apabila sampai saat ini sakit perut masih saja dirasakan oleh anak Anda, maka solusi yang terbaik adalah dengan menemui dokter spesialis penyakit anak, dan mendiskusikan masalah ini, agar anak Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati