Tanya Dokter

  • Penyebab tidak haid selama 3 bulan dan terjadi penurunan berat badan drastis

  • Pagi dokk , saya Wulan. Terimakasih atas jawaban dokter. Tapi saya ingin menanyakan kembali , saya menang tidak mens 3bulan lalu memang saya suka merokok bahkan berat badan saya menurun drastis hingga 8kg , apakah ini penyakit atau kehamilan yaa dok? Tetapi terkadang pun saya suka merasakan sakit seperti ditusuk diperut bagian kanan bawah dan atas kiri dok ? Mohon solusinya?

    Halo RisLaa,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Untuk memastikan Anda hamil atau tidak, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Tidak mungkin memastikan kehamilan hanya berdasarkan keluhan Anda saja. Pertama-tama Anda dapat mencoba melakukan testpack. Testpack merupakan tes kehamilan dengan mendeteksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urin. Hormon ini terbentuk ketika kehamilan terjadi. Jika testpack menunjukkan hasil negatif dan Anda belum menstruasi, silakan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan mengenai gangguan menstruasi Anda ini. Kemungkinan penyebabnya sudah disampaikan oleh kolega saya pada pertanyaan Anda sebelumnya.

    Penurunan berat badan juga perlu segera dicari tahu penyebabnya apalagi jika penuruan berat badan ini drastis dan  tidak disebabkan oleh perubahan diet Anda. Penurunan berat badan dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu yang harus segera ditindaklanjuti misalnya gangguan hormon tiroid (baik hipertiroidisme maupun hipotiroidisme), penyakit Addison (gangguan kelenjar adrenal), kanker, penyakit Celiac, radang usus, diabetes, depresi, tuberkulosis, dan lainnya.

    Di sisi lain, sakit perut bagian kanan bawah pada wanita dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih, batu pada saluran kemih, radang panggul, kista ovarium, penyakit usus buntu, gastroenteritis, nyeri otot. Sedangan sakit perut pada kiri atas dapat disebabkan oleh sakit maag, radang lambung, tukak lambung, tukak usus, pankreatitis, pleuritis, dan lainnya.

    Silakan Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungna untuk masalah menstruasi Anda dan dokter spesialis penyakit dalam untuk masalah penurunan berat badan dan sakit perut Anda. Kedua keluhan sebaiknya tidak dianggap remeh. Tidak mungkin mengetahui penyebabnya tanpa pemeriksaan dokter. Dokter perlu mengetahui keluhan Anda lebih lanjut, mengetahui riwayat kesehatan Anda, dan melakukan pemeriksaan pada Anda. Dokter mungkin akan melakukan serangkaian pemeriksaan penunjang lainnya untuk mencari penyebabnya guna menentukan penanganan yang tepat bagi Anda.

    Semoga informasi ini berguna.

    dr. Aloisia