Tanya Dokter

  • Perut membesar setelah lepas KB suntik

  • Assalamu dok saya mau tanya saya sudh lepas kb suntik 3 bln slm 1 thn dn dn asi saya juga udh ga kluar slma lepas kb itu .seiring bjlannya waktu saya juga tidak menstruasi ,lama klmaaan perut saya buncit dan di tekan keras dn sakit bb saya juga ttep ga naik normal aj kira" apa perlu di cek ke rs ya dok .tp saya takut kalo tau nanti nya amit " ...trima kasih sblmny

    Halo Whita,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Perut yang terlihat membesar dapat disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, sakit perut, diare, demam, perubahan berat badan, dan lainnya. Beberapa penyebab perut yang terlihat membesara di antaranya:

    Pada umumnya, jika Anda tidak mengalami gejala lain misalnya muntah-muntah, mual, sakit perut (tanpa ditekan), diare, BAB berdarah, gangguan menstruasi, nyeri haid hebat, sakit kuning, penambahan/ penurunan berat badan yang signifikan, tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Namun, sah-sah saja jika Anda ingin mengetahui kondisi kesehatan Anda dengan memeriksakan diri ke dokter karena tanpa pemeriksaan dokter, tidak mungkin penyebab keluhan Anda diketahui. Semoga membantu.

    dr. Aloisia