Tanya Dokter

  • Penyebab perut kanan bawah bengkak

  •  sibocilll
    Anggota
    dok udah semnggu sy mencret,udh dksi attapulgit sm oralit tp ga ngaruh,,trs perut kanan bawah ky yg bengkak..kwnapa ya??

    Halo Sibocilll, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

     

    Nyeri perut merupakan gejala umum yang merupakan keluhan yang cukup banyak menyebabkan orang ke dokter atau ke sarana kesehatan. Dan dengan adanya diare maka kondisi pertama yang dapat dipikirkan adalah adanya gangguan pencernaan.Kondisi adanya nyeri perut kanan bawah disertai dengan diare  dapat disebabkan oleh berbagai keadaan sebagai berikut:

     

    • Gastroenteritis. Kondisi ini dapat disebabkan oleh adanya iritasi usus atau karena adanya infeksi pada saluran pencernaan.

    • Radang atau infeksi pada usus besar 

    • Adanya Radang Usus Buntu atau appendisitis Kondisi ini dapat terjadi secara akut (tiba-tiba) atau secara kronis (berlangsung lama)

    • Adanya kondisi GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Dimana asam lambung naik ke kerongkongan. Penderitanya merasakan nyeri perut yang naik ke arah kerongkongan. Kadang dapat terasa panas sampai dada dan ke punggung. 

    • Gastritis. Kondisi ini terjadi peradangan pada lambung. Penderita dapat merasakannyeri ulu hati, mual bahkan muntah

    • Peradangan pada saluran kemih. Peradangan ini dapat disebabkan oleh batu, infeksi, tumor ataupun lainnya. Namun, tentu keluhan utama adalah adanya gangguan pada saluran kemih, misalnya nyeri saat berkemih adanya perdarahan pada saat berkemih. 

    • Peradangan pada saluran reproduksi. Kondisi ini dapat menyebabkan keluhan perut bawah, dan adanya gangguan hormonal. Adanya infeksi atau tumor dapat menyebabkan peradangan pada area ini. 

    • Adanya gangguan pada pembuluh darah

     

    Banyak sekali kemungkinan yang masih menjadi penyebab kondisi Anda saat ini. Jika sudah melakukan pemeriksaan dengan dokter dan sudah dilakukan pengobatan namun tidak membaik bahkan memburuk maka disarankan untuk Anda kembali ke dokter untuk dilakukan kembali pemeriksaan. Dan perlu pertimbangan dilakukan pemeriksaan lanjutan jika memang dibutuhkan. Misalnya adanya pemeriksaan feses, pemeriksaan darah atau USG, semuanya akan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan selanjutnya oleh dokter Anda. Dengan demikian dapat dilakukan penanganan lanjutan yang sesuai dan mencegah terjadinya komplikasi.  

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

     

    Salam, dr. Tiwi