Tanya Dokter

  • Penyebab perut kembung

  • Asslmualaikm. Slmt pgi dok. Sy mw bertanya sy punya keluhan di perut sebelah kanan agak bawah suka keras, kalo di raba atau di tekan kaya menggumpal, keras gak nyaman bgt beda dengan yang sblh kiri yang kiri rata kalo diraba klo yang kanan menggembung terus suka kembung ja Bergas kalo buang angin itu banyak berkali2 setelah beberapa menit nti kembung lagi, klo lgi kembung suka sampe nyeri ke dada kiri. Sy sdh beberapa x di USG tapi gak da usus buntu tapi memang ginjal kanan sy da batunya 5mm tapi keluhan pinggang itu jarang dan baru2 ini terasanya kalo untuk keluhan diperut itu sdh sangat lama sekali. Snbnrnya knp dgn perut saya selain ginjal dok...Apa keluhan di perut itu efek dari batu ginjal apa da penyakit lain...? Trmksh dok.

    Dhabit yang baik,

    keluhan kembung pada perut dapat dirasakan oleh orang yang memiliki masalah pada saluran pencernaan baik atas maupun bawah. Keluhan perut kembung dapat disertai dengan rasa mual, nyeri ulu hati, atau buang air besar yang bermasalah dan atau buang gas berkali-kali. Beberapa kondisi yang dapat menimbulkan masalah ini meliputi :

    • masalah lambung seperti sakit maag
    • irritable bowel syndrome
    • infeksi saluran pencernaan
    • kebiasaan makan terlalu cepat sehingga sering terjadi udara ikut tertelan (aerofagia)
    • kondisi naik turunnya hormon seperti pada menstruasi
    • keganasan pada saluran pencernaan seperti kanker lambung atau usus

    Untuk menentukan apa yang mendasari keluhan Anda tentunya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Bila USG belum menemukan apapun yang signifikan, maka pemeriksaan lebih lanjut lagi diperlukan misalnya dengan prosedur endoskopi yakni memasukkan alat dengan kamera untuk melihat adanya masalah pada saluran cerna. Cobalah untuk menghindari makanan pedas dan bersantan serta minuman berkafein dan bersoda. Makanlah dengan pola teratur sedikit tapi sering dan jangan terlambat. Pasca makan, hindari langsung berbaring dan berikanlah jeda setidaknya 2-3 jam pasca makan. Dan jangan lupa untuk memastikan manajemen stres yang baik. Bila keluhan masih berlanjut, jangan ragu untuk kembali memeriksakan kondisi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Berikut kami lampirkan artikel mengenai perut kembung. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief