Tanya Dokter

  • Efek samping dari suntikan untuk penderita gonore

  •  Ridho Iriawan
    Anggota

    Selamat siang dok dok saya menderita gonore sudah 3 bulan lebih,kemarin saya berobat ke klinik dan di beri 2 suntikan tapi ko perut saya sering kembung apakah penyakit gonore saya sudah parah terima kasih

    Dear Ridho, Gonore adalah penyakit menular seksual yang disebabkan kuman gonococcus dengan gejala keluar nanah dari lubang kencing disertai rasa terbakar ketika buang air kecil. Gonore tidak menimbulkan gejala perut sering kembung. Karena itu rasa kembung tidak ada hubungannya dengan gonore. Perut kembung dapat disebabkan oleh:

    Sebaiknya konsultasikan keluahan Anda dengan dokter dimana dokter akan menelusuri riwayat keluhan Anda dan akan melakukan pemeriksaan fisik termasuk pemeriksaan perut. Pemeriksaan penunjang seperti tes laboratorium dan USG mungkin akan dianjurkan oleh dokter. Terapi yang tepat akan diberikan oleh dokter. Berikut tips yang dapat dilakukan:
    • kurangi makanan berlemak dan gorengan
    • kurangi makanan yang menghasilkan banyak gas seperti: kol, brokoli, asparagus, kembang kol, dsb.
    • batasi minum minuman bersoda
    • jangan makan terlalu cepat
    • batasi bicara sambil makan
    • hentikan kebiasaan merokok jika Anda seorang perokok
    • kurangi kebiasaan mengunyah permen karet
    • minum air putih dalam jumlah cukup minimal 8 gelas perhari
    • olahraga teratur seperti jalan kaki
    • kelola stres dengan baik
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Perut kembung Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya