Tanya Dokter

  • Penyebab perut kembung, sakit, keram, mual, dan lemas

  •  Febby Yanti
    Anggota
    Siang dok, saat malam hari tiba2 perut saya kembung, terasa penuh, keram, sakit, lalu saya buang2 air & muntah.. Pagi sampai seterusnya perut saya masih suka nyeri, kadang nyeri kadang hilang.. Mau tanya apa penyebabnya dan bagaimana solusinya? Karna saya rasa ini bukan maag.. Tmksh

    Halo Febby.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa rasa sakit pada perut, dimana dalam bahasa medis disebut sebagai nyeri abdomen, paling sering disebabkan oleh karena infeksi yang terkait sistem pencernaan.

    Gejala - gejala yang umumnya muncul jika pencernaan terkena infeksi atau yang dalam basa medis disebut sebagai gastroenteritis selain timbulnya rasa sakit pada perut, diantaranya adalah : diare, kembung, mual, muntah, lemas.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh : gangguan kesehatan pada lambung, banyaknya gas di dalam usus, Peradangan pada usus buntu, peradangan pada kantong kecil di dinding usus besar, batu empedu, sindrom iritasi usus.

    Jika sampai saat ini rasa sakit pada perut masih saja terjadi, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan.

    Demikian penjelsan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati