Tanya Dokter

  • Perut terasa kencang saat telat haid

  •  Widhia
    Anggota
    Hay..dok..saya mau tnya perut saya terasa kencang telat haid 3 hari apakah itu sdng ada kantong janin ae tp saya blm usg C..trmksh
    Widhia  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Widhia,

    Keterlambatan haid disertai perut kencang bisa saja disebabkan karena kehamilan. Oleh sebab itu Anda bisa mencoba melakukan testpack terlebih dahulu 1 minggu setelah terlambat haid ya. Jika negatif, coba ulangi testpack 1 minggu pasca testpack pertama ya. Jika tetap negatof, kemungkinan besar Anda tidak sedang hamil.

    Perlu diketahui bahwa terlambat haid tidak hanya disebabkan karena kehamilan saja tetapi juga bisa disebabkan karena hal lain seperti stress psikis, kecemasan, kelelahan fisik, obesitas, penurunan berat badan secara drastis, sindroma ovarium polikistik, kista, gangguan hormonal, gangguan tiroid, dan efek samping alat kontrasepsi.

    Perut kencang juga tidak hanya disebabkan karena kehamilan, tetapi bisa disebabkan karena sindroma pre mestruasi, terjadi ovulasi / plepasan sel telur saat masa subur, kista, radang saluran telur, servisitis, endometriosis, sumbatan usus, gangguan pencernaan, dan konsumsi makanan bergas tinggi.

    Untuk saat ini Anda bisa menunggu sampai 1 minggu terlambat haid dan kemudian melakukan testpack ya. Jika positif, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan agar dilakukan USG untuk mengetahui tanda pasti kehamilan.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Perut kencang
    Telat haid

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y