Tanya Dokter

  • Solusi atasi diare

  • Halo dok,sya mw tanya prut kka sya seperti diare slalu klubukan mencret tp dya gak mkan pedes kok.. skrg anak kka sya pun begitu mencret. Knp ya dok?mhon dijawab.. trma kasih.

    Hai Dessy, Diare merupakan kondisi terjadinya peningkatan frekuensi buang air besar atau perubahan konsistensi feses menjadi lebih encer. Diare yang dialami oleh kakak dan keponakan Anda kemungkinan disebabkan oleh konsumsi makanan yang tercemar oleh virus, bakteri, atau parasit. Infeksi ini mudah menular pada orang yang tinggal serumah melalui makanan, minuman, atau penggunaan alat makan bersama-sama. Penderita diare dapat merasakan gejala seperti kram perut, BAB encer, dapat pula disertai dengan demam hingga mual-muntah. Berikut berbagai kemungkinan penyebab timbulnya diare:

    Penanganan utama pada diare adalah dengan terapi rehidrasi, yaitu untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah dehidrasi, terutama pada anak-anak yang lebih rentan mengalami dehidrasi dan dapat berakibat fatal. Diare yang disebabkan oleh infeksi virus umumnya dapat sembuh dengan sendirinya sehingga tidak memerlukan penanganan khusus. Namun jika penyebabnya adalah infeksi bakteri atau parasit maka diperlukan pengobatan dengan antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Oleh karena itu jika keluhan tidak kunjung membaik maka sebaiknya kakak dan keponakan Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat ditelusuri penyebabnya. Tes penunjang mungkin akan dianjurkan jika diperlukan (seperti tes feses, tes darah dan sebagainya) untuk menganalisis penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai kondisi dasarnya. Berikut ini anjuran bagi kakak dan keponakan Anda:
    • Minum 1-2 gelas oralit atau air putih setiap kali setelah diare
    • Hindari konsumsi makanan yang asam, berlemak, pedas, atau menimbulkan gas
    • Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi
    • Mencuci tangan sebelum makan/menyiapkan makanan dan setelah ke toilet
    • Menjaga kebersihan alat makan, dapur, dan toilet
    • Hindari berbagi alat makan atau handuk dengan orang lain
    Informasi berikut ini dapat berguna: Diare Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman