Tanya Dokter

  • Perut mual dan melilit

  •  Fita25
    Anggota

    Halo dok, saya mau tanya. 2 hari ini saya mengalami sakit perut di malam hari. Rasanya melilit seperti angin yang bergerak. Susah untuk kentut juga. Disertai rasa mual dan muntah. Jika dibuat tengkurap sakit sekali di perut bagian atas. Jika berbaring rasa sakit nya tetap muncul. Kadang hilang kadang muncul dok. Tetapi jika pagi hari saya bab kentut dengan normal. Saya mempunyai penyakit maag dan pernah terkena infeksi lambung. Saya sakit apa dok? Dan apa tindakan yang harus segera saya lakukan?

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Kemungkinan penyebab keluhan yang anda rasakan yakni gejala maag. Maag adalah gangguan lambung yang disebabkan produksi asam lambung yang meningkat. 

    Gejala maag antara lain :

    -Nyeri ulu hati

    -Perut terasa perih

    -Perut kembung terisi gas di saluran cerna

    -Mual dan muntah

    -Tidak nafsu makan

    -sensasi seperti dada terbakar

    -mulut terasa asam atau pahit

     

    Selain maag kemungkinan lain yakni anda menderita tukak lambung (ulkus gaster), tukak usus (ulkus duodenum) , atau infeksi pencernaan lainnya

    Gejala dari penyakit-penyakit diatas umumnya hampir serupa dan tidak dapat dibedakan tanpa dilakukan pemeriksaan langsung. Saya sarankan anda berkonsultasi pada dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan terkait keluhan anda. 

    Kemungkinan apabila keluhan anda terus menerus kambuh, dokter akan menyarankan anda untuk melakukan prosedur endoskopi yaitu memasukkan kamera kecil melalui mulut untuk melihat keadaan lambung (apakah di lambung terjadi perlukaan). Apabila ternyata diketahui ada perlukaan di lambung, dokter akan memberikan sirup untuk diminum, yang berfungsi untuk melapisi lambung yang mengalami perlukaan. Sirup tersebut harus diminum dalam jangka waktu tertentu untuk mengobati perlukaan lambung yang terjadi. 

     

    Hal yang dapat anda lakukan untuk keluhan anda :

    -Makan teratur, anda sebainya tidak membiarkan perut anda kosong atau kelaparan karena akan membuat maag anda kambuh

    -Makan dengan porsi lebih sedikit namun sering. Semisalnya anda terbiasa makan 3 kali sehari, anda dapat memakan setengah dari porsi makan biasa namun menjadi 6x/hari.

    -Mengkonsumsi camilan bernutrisi diantara waktu makan ketika anda merasa lapar. 

    -Hindari makanan yg asam dan pedas

    -Hindari minum kopi, teh, minuman bersoda dan alkohol

    -Beristirahat cukup 6-8jam/hari

    -Kelola stress anda dengan baik, stress dapat memicu produksi asam lambung dan membuat nyeri ulu hati

    -Mengkonsumsi obat lambung yang dijual bebas seperti misalnya antasida

     

    Berikut artikel terkait Sakit Maag

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia