Tanya Dokter

  • Perut sering terasa nyeri seperti diinjak-injak

  •  Asri Novianti
    Anggota
    Dok, maaf mau tanya mengapa perut saya sering nengalami sakit seakan2 perut saya ini di injak2 oleh kedua kaki ya dok? Solusinya gmna dok?

    Halo Asri......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa perut yang terasa sakit atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai nyeri abdomen, dapat di sebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah : gastroenteritis === peradangan pada saluran cerna, penyakit asam lambung, banyaknya gas di dalam usus, Peradangan pada usus buntu, batu ginjal, tukak peptik === luka yang terdapat pada dinding dalam lambung, divertikulitis === Peradangan pada kantong - kantong kecil pada dinding usus besar, batu empedu, dan lain sebagainya.

    Jika hal ini sudah sering mengalami kekambuhan, maka solusi yang terbaik adalah dengan menemui dokter spesialis penyakit dalam, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemerasan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik khususnya bagian perut, tes darah, tes urin, USG khusus perut, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati