Tanya Dokter

  • Perut bayi yang kencang dan sering buang angin

  • malam dok saya mau tanya bayi saya sejak lahir perutnya bunyi seperti org diare.serng buang angin kenceng.pupnya encer dan kadang berbuih.normalkah untuk bayi umur 2 bln.

    Halo,   Keluhan yang Anda sampaikan bisa saja normal terjadi pada bayi 2 bulan selama bunyi perut dan buang angin tidak menimbulkan keluhan lain yang berarti, namun konsistensi feses yang cair sebaiknya diperhatikan dengan seksama , pada bayi dengan konsumsi ASI, biasanya feses akan berbentuk lembek kadang sedikit berlumpur/ berbiji biji, sementara pada konsumsi susu formula biasa akan timbul konsistensi feses yang lebih keras. Konsistensi feses yang cair dan > 6 kali dalam sehari sebaiknya Anda perhatikan dengan seksama. Bayi Anda mungkin mengalami beberapa kemungkinan yang menyebabkan kondisi seperti yang Anda keluhkan yaitu :

    1. Terlalu banyak menghisap/ menelan udara akibat dari menyusu dari botol.
    2. Hipersensitifitas saluran cerna pada bayi akibat susu atau kondisi lain.
    3. Iritasi saluran cerna
    4. Sistem pencernaan bayi yang  belum matang.
    5. Pemberian MPASI terlalu dini.
    6. dll.
    Untuk mengetahui apakah permasalahan yang Anda keluhkan merupakan suatu indikasi medis yang memerlukan penanganan segera maka sebaiknya Anda memeriksakan bayi Anda ke dokter anak. Dengan pemeriksaan secara seksama dokter bisa menganalisa sumber permasalahan anak Anda dan memberikan penanganan yang tepat. Namun memang pada bayi yang baru lahir, bunyi perut yang terdengar jelas saat bayi digendong dan sering buang angin merupakan hal yang lumrah terjadi, karena saluran pencernaan bayi mulai melakukan aktivitas pergerakan usus yang bisa menimbulkan kedua kondisi diatas. Untuk mengurangi keluhan pada bayi Anda maka Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :
    1. Memastikan tidak ada udara yang terhisap bayi saat menyusu.
    2. Menyendawakan bayi setiap habis menyusu.
    3. Hindari memberikan MPASI sebelum bayi berusia 6 bulan.
    4. Memberikan obat oles yang aman untuk bayi seperti minyak telon pada daerah perut.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi