Tanya Dokter

  • Penyebab dan pengobatan perut bayi 1 bulan terasa panas

  •  fb-yossiakino
    Anggota

    Dok,bayi saya umur 1 bln.perut nya panas,dan air kencingnya lebih panas beda sperti biasa.dia ASI,apa karna ASI saya yg bermasalah,trus sbelumnya BAB nya berbuih dan cair skali.apa penyebab dan bagaimana mengobatinya..

    Hai, Mungkin yang Anda maksud adalah bayi demam? Demam berarti peningkatan suhu tubuh, biasanya terjadi akibat proses infeksi. Suhu tubuh yang meningkat dapat dirasakan di kepala, badan, perut, punggung bahkan seluruh tubuh. Karena air seni berasal dari dalam tubuh, air seni pada pasien yang demam tentunya akan terasa lebih hangat daripada mereka yang tidak demam. BAB yang cair sekali dan berbuih menandakan bahwa bayi sedang mengalami diare. Periksakanlah ke Dokter untuk memastikan diagnosis pada bayi Anda. Dokter akan menilai tanda-tanda dehidrasi jika ada dan memberikan penanganan segera terkait derajat kehilangan cairan yang sudah ada. Karena diare pada bayi umumnya akan sembuh sendiri dalam 1 minggu, hal terbaik yang bisa dilakukan orang tua ialah mencegah anak jatuh ke dalam dehidrasi / kekurangan cairan akibat pelepasan cairan berlebih melalui tinja bayi. Tanda dehidrasi meliputi bayi rewel, haus, mata cekung, cubitan perut kembali lambat, kaki-tangan teraba dingin dan jika sudah berat, sulit dibangunkan. Sementara waktu, tips berikut mungkin membantu:

    • Teruskan pemberian ASI; jika anak muntah, berikan dalam jumlah yang lebih sedikit; pengukuran jumlah cairan yang masuk dapat dipermudah dengan pemberian susu ASI perah melalui cangkir
    • Jaga kebersihan tangan Anda dan orang yang hendak menyentuh bayi; cuci tangan pakai sabun
    • Kompres hangat untuk membantu menurunkan demam pada bayi
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma