Tanya Dokter

  • Sesak nafas, sakit punggung, disertai BAB yang berlendir darah

  •  Zaina Hasma
    Anggota
    Dok saya mau tanya akhir" ini saya mengalami sakit perut saya sudah periksa ke dokter katanya sakit magh dan dokter ngasih obat setelah itu obatnya sudah habis tapi makin hari saya merasa sesak nafas tapi kadang" terus waktu kemarin saya bab tapi yang keluar malah lendir berdarah gitu kira" itu kenapa ya dok?apa perlu saya periksa lagi?terimakasih

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gejala gangguan asam lambung memang bisa menimbulkan rasa sesak seperti terasa berat. Bisa juga terjadi refluks asam lambung naik ke atas sehingga menimbulkan sensasi terbakar pada ulu hati hingga dada. Gangguan asam lambung yang berlangsung lama, bisa menimbulkan iritasi dan kemudian luka pada lapisan lambung. Adanya perdarahan pada lambung, menyebabkan kotoran berwarna kehitaman.

    Apabila perdarahan berwarna merah segar, dicurigai adanya perdarahan pada saluran cerna bagian bawah, misalnya karena wasir (hemoroid), kolitis (peradangan usus besar) atau karena adanya infeksi. Untuk itu sebaiknya dilakukan pemeriksaan kembali untuk mengetahui sumber perdarahan. Adapun pemeriksaan penunjang yang mungkin akan diperlukan, misalnya tes darah, USG, endoskopi (untuk melihat laipsan lambung), kolonoskopi (untuk melihat usus besar), USG, pemeriksaan kotoran (feses), atau pemeriksaan penunjang lain sesuai indikasi.

    Untuk sementara, ada beberapa anjuran yang bisa diterapkan di rumah:

    • Konsumsi makanan yang berkonsistensi lembut
    • Hindari makanan yang pedas, berminyak dan berlemak
    • Perbanyak sayuran dan buah
    • Batasi konsumsi kopi

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.