Tanya Dokter

  • Perut kram dan nyeri ketika berdiri. Hamilkah ?

  •  mayang s.
    Anggota
    Sore Dok, Sudah 2 hari ini perut saya kram dan nyeri ketika berdiri. Kram perut ini juga disertai mual dan muntah dan sering BAK. Sore tadi saat BAB, isi perut saya serasa seperti turun dan tertekan kebawah hingga saakit sekali. Selain itu kadang saya juga merasa sakit kepala dan punggung terasa pegal. Apakah mungkin ini termasuk gejala kehamilan? Karena memang sudah 3 bulan ini saya menjalani program kehamilan dr dokter kandungan. Ataukah ada kemungkinan penyakit lain?

    Halo mayang s. ............

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami saat ini dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit atau kram pada perut, memang dapat saja disebabkan oleh karena kehamilan, akan tetapi harus disertai dengan tanda - tanda kehamilan yang paling mendasar seperti keterlambatan menstruasi dan positifnya hasil tes kehamilan.

    Selain kehamilan, kondisi yang anda alami dapat juga disebabkan oleh : sakit perut akibat menstruasi, kista ovarium atau gangguan lain pada ovarium, endometriosis, tumor pada rahim, gangguan pada serviks seperti infeksi/ radang/ kanker, kanker rahim, radang saluran Tuba atau Salpingitis, gangguan pada usus, Peradangan usus buntu, radang kandung kemih, batu ginjal dan infeksi ginjal, dan lain sebagainya.

    Jika rasa sakit ini masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang selama ini telah menangani Anda, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan kembali, sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    TANDA - TANDA KEHAMILAN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati