Tanya Dokter

  • Penyebab perut bawah kram

  •  desiyoungest
    Anggota
    Selamat malam, Dokter Saya pasien laparoskopi kista endometriosis yg bln Mei telah melakukan laparoskopi.Bln September perut saya kram, sakit sekali sampai tdk masuk kerja.Dan malam hari ini pun saya merasakan kram juga pd perut kadang hanya perut bagian bawah kanan terkadang perut bagian bawah kiri. Bahkan kadang kedua-duanya. Kira2 knp y,Dok? Sungguh ini mengganggu aktivitas saya. Apakah mungkin kista saya tumbuh lg? Mohon penjelasannya, atas perhatian dan bantuannya saya mengucapkan terima kasih.

    Halo,

    Kista ovarium yang dipicu oleh endometriosis disebut sebagai kista coklat. Kista ini berisi darah yang berubah menjadi kecoklatan karena terperangkap dalam kista. Diagnosis dan penanganannya dapat menggunakan teknik laparaskopi. Kondisi kista endometriosis biasanya ditangani dengan terapi kombinasi yaitu laparaskopi dan terapi hormonal. Kista endometrisis dapat muncul/kambuh kembali dan dapat menyebabkan gejala berulang. Namun nyeri perut bagian bawah/kram perut tidak selalu disebabkan oleh kista endometriosis, penyebab lainnya adalah :

    1. Ketegangan otot perut bagian bawah yang dapat disebabkan akibat olahraga yang berlebihan (sit up/plank/pull up), memar otot akibat jatuh, berolahraga tanpa pemanasan/peregangan/pendinginan.
    2. Infeksi usus buntu.
    3. Proses pelepasan sel telur dari indung telur (Ovulasi) biasanya terjadi setiap bulan saat masa subur dalam siklus menstruasi. Biasanya keluhan nyeri ringan yang hilang dalam waktu 2 hari.
    4. Infeksi kandung kemih dan atau ginjal, dapat disertai dengan adanya batu ginjal.
    5. Komplikasi paska operasi seperti infeksi saluran indung telur/rahim/mulut rahim, biasanya disertai dengan keluhan keputihan dan nyeri ketika berhubungan seksual, perlengketan jaringan di rongga panggul akibat luka operasi.
    6. Infeksi usus besar.
    7. Tumor/Kanker organ perut/reproduksi sebelah kanan. Jarang terjadi pada wanita usia muda.

     

    Bila nyeri yang Anda rasakan sampai membuat Anda tidak dapat beraktivitas,  sebaiknya Anda segera berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan. Dokter akan menanyakan detail keluhan dan riwayat penyakit Anda dan akan melakukan pemeriksaan fisik yang cermat. Dokter mungkin menganjurkan Anda melakukan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, USG perut/transvaginal.

    Lakukan penanganan sederhana di rumah untuk mengatasi kram perut, sebagai berikut :

     

    Baca di sini mengenai Sakit Perut Kanan Bawah.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr. Caecilia Haryu Aryapti.