Tanya Dokter

  • Penyebab perut terasa tegang dan keluar flek

  • Sore dok. Saya sudh menikah selama 2tahun 8 bulan dan belum ada tanda" kehamilan. Yg saya mau tanyakan.1. Mengapa perut saya tegang dan telat haid 1 bulan dan keluar flek pada bulan ke 2 dan setelah dperiksa ini seperti tanda kehamilan tapi setelah tsfek hasilnya negatif Hasil usg juga negatif dan tidak ada tanda" penyakit. Bagaimana solusinya dok?

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, adanya keluhan haid terlambat dan flek serta tidak ditemukan tanda kehamilan dari pemeriksaan dokter kandungan, kemungkinan dapat disebabkan oleh gangguan keseimbangan hormon kewanitaan. Kondisi ini dapat menyababkan siklus haid wanita terganggua, baik terlambat, darah haid hanya berupa flek, ataupun darah haid yang banyak atau memanjang.

    Beberapa kondisi di bawah ini dapat memicu keluhan gangguan keseimbangan hormon, seperti:

    1. kelelahan fisik

    2. stres

    3. obeitas

    4. infeksi pada rahim

    5. dinding rahim yang tipis

    6. penyakit kronis seperti kencing manis, gangguan tiroid

    Bila keluhan haid Anda masih belum lancar pada satu atau dua siklus haid elanjutnya, sebaiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter kandungan Anda untuk pemeriksaan dan evaluasi lebih jauh. Dokter akan merencanakan pemeriksaan lanjutan yang sesuai indikasinya, seperti pemeriksaan darah, USG, ataupun HSG.

    Perawatan dan penatalaksanaan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan. Dan bila keluhan menetap setelah kunjungan ke dokter Anda, Anda dapat meminta pendapat dokter kandungan lain untuk evaluasi kondisi Anda.

    Yang perlu Anda lakukan adalah menghindari kelelahan fisik, mengidealkan berat badan, serta menghindari stres.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga haid terlambat.

    dr. Ulfi