Tanya Dokter

  • Pijat perut pasca melahirkan

  •  Enyleony
    Anggota
    Baik kah dok setiap hari di pijit Bagian perut setelah melahirkan???

    Hallo, Enyleony

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter.

    Setelah melahirkan terkadang bidan atau dokter memang melakukan pijatan segera pada perut atau melakukan Uterine massage. Pijatan perut yang baik ini dilakukan setelah plasenta keluar sempurna, dan pijatannya lebih spesifik ke daerah rahim (perut bawah). Efek dari pijatan ini membuat rahim berkontraksi sehingga perdarahan paska-melahirkan dapat diminimalisir. Pijatan ini biasanya di lakukan segera oleh tenaga medis.

    Namun jika yang anda maksud adalah melakukan pijat pada perut diluar itu dan tiap hari maka tidak di anjurkan. Pijat merupakan istilah untuk kegiatan memberi tekanan pada bagian tubuh tertentu seperti otot, tendon, dan ligamen. Dengan bertujuan agar aliran darah di bagian tersebut akan meningkat, dan hal ini dapat menyebabkan otot menjadi tidak tegang.

    Namun, memijat daerah perut secara medis tidak dianjurkan untuk tujuan apapun untuk bayi maupun dewasa kecuali Uterine massage yang dilakukan bidan atau dokter segera setelah melahirkan. Dikhawatikan pijat pada bagian perut akan dapat berpengaruh langsung dengan organ di dalam. Sehingga tidak di sarankan. Jika anda tetap ingin melakukan disarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan anda terlebih dahulu.

    Semoga membantu dan bermanfaat,

    dr. Uswatun