Tanya Dokter

  • Penanganan untuk lupa

  • Gimana doktor cara menyembuhkan pikun

    Halo Musliadi.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, manusia dapat mengingat beberapa hal hingga waktu yang sangat lama, namun pada sisi lain dapat juga dengan mudah melupakan hal yang lain.

    Kondisi lupa sendiri atau pikun kerap dikaitkan dengan usia yang makin tua. Akan tetapi ternyata banyak sekali hal yang dapat memicu kondisi pikun atau lupa, diantaranya adalah : alzheimer, demensia, merokok, minum minuman keras, pengkonsumsian obat obatan tertentu yang memicu hal ini, stres psikologis, atrofi serebri, kurang tidur, kekurangan nutrisi, cedera kepala, dan lain sebagainya.

    Untuk menangani kondisi lupa, maka haruslah diketahui terlebih dahulu penyebab pasti yang memicu hal ini. Sedangkan untuk mengetahui penyebab pastinya, maka haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung..

    Oleh karena itu kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit neurologi atau saraf, dan mendiskusikan masalah ini, agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan sesuai dengan kondisi saat ini.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati