Tanya Dokter

  • Lupa minum pil kb mungkinkah terjadi kehamilan?

  •  Dhuii Candra
    Anggota

    Pagi dok,sya baru melahirkan 5bln lalu dan mulai minum pil kb laktasi bulan lalu saat byi umr 4bln,sblum kb pasca persalinan blm pernah haid sma sekali. Stlah smnggu kb lngsung menstruasi lbh dr smnggu. Stlah slsai haid lnjut mnum lg dan hmpir smnggu lebih kb sya terlupa tdk mnum kb sehari besok pagi y terjd menstruasi lg dok. Dan skrg sya lupa minum pil kmbali tp kali ini tdk terjadi menstruasi. Apa mngkin hamil kmbali dok?

    Halo, Pil KB terdiri dari pil KB hormonal dan pil KB plasebo yang tidak mengandung hormon. Jika terlupa hanya satu atau dua hari, dan dikejar dengan meminum 2 pil sekaligus, maka kemungkinan hamil kecil. Akan tetapi jika terlupa berhari-hari, dan dalam masa subur Anda melakukan hubungan dengan suami, maka ada kemungkinan terjadi pembuahan. Untuk memastikan kehamilan, ada baiknya Anda memeriksa kehamilan mandiri dengan test pack yang tersedia bebas. Jika terjadi pembuahan, maka seminggu setelahnya akan terjadi peningkatan hormon human chorionic gonadotropin (hcG) yang akan terdeteksi dalam tes urin. Jika Anda ingin memastikan hal tersebut, ada baiknya Anda mengunjungi dokter atau bidan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dan jika diperlukan juga dapat dilakukan pemeriksaan penunjang. Berikut yang dapat dilakukan apabila lupa meminum pil KB:

    • Bila lupa minum 1 pil hormonal, maka segera minum 2 butir pil hormonal segera setelah ingat
    • Bila lupa minum 2 butir atau lebih pil hormonal, maka dalam 7 hari gunakan kondom apabila melakukan hubungan seksual, atau hindari hubungan sosial selama 7 hari.
    • Bila lupa minum 1 butir pil plasebo, maka buang pil plasebo yang terlupakan.
    Efek samping pil KB Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha