Tanya Dokter

  • pil kb

  • Selamat siang dok. Dok, saya kan pemula minum pil kb. Saya minum pil kb andalan tanggal 10 agustus 2015 pada pertama haid, sampai kemarin tanggal 6 september 2015 itu pas pil yang ke 28, tapi kenapa saya belum haid ya dok? Lalu saya harus lanjut minum pil kb strip yg baru atau nunggu sampai haid baru minum pil kb lagi? Trimakasih..

    Halo,   Jika Anda meminum pil KB 28 pil maka Anda tidak perlu menunggu haid dan bisa langsung meneruskan konsumsi pil KB yang baru jika Anda masih berniat mencegah kehamilan. Kondisi yang Anda alami bisa disebabkan akibat pengaruh KB terhadap tubuh Anda, dimana tubuh baru mulai beradaptasi dengan hormonal dari pil Kb Anda. Namun kondisi keterlambatan haid ini bisa juga disebabkan gangguan lain seperti :

    1. Kehamilan.
    2. Gangguan hormonal
    3. Latihan berat yang ekstrem
    4. Perubahan berat badan yang ekstrem
    5. Stress psikis
    6. dll.
    Jika setelah 2 siklus pil Kb, menstruasi Anda masih belum datang dengan normal maka sangat disarankan bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk tes fisik dan tes medis seperti USG dan tes darah. Dengan pemeriksaan maka penyebab kondisi Anda bisa diketahui dan diberikan pengobatan secara tuntas. Rajin berolahraga, makan gizi seimbang , istirahat cukup dan kelola stress bisa membantu memperlancar haid Anda. Baca topik Cara minum pil Kb. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi