Tanya Dokter

  • Penyebab tidak menstruasi selama 1,5 tahun setelah konsumsi pil KB

  • Selamat sore dok. Saya riani 28 th. mau nanya... Saya pakai pil kb sudah hampir 4 thn. Di tahun awal masih normal biasa haid setiap bulan. Tp kenapa setelah pmakaian 1,5 thn saya ga pernah haid lagi smpai skr dok. Udh mau 3 thn tidak haid. Itu penyebabnya apa ya dok. Apa berbahaya atau tidak. Atau lebih baik ganti alat kontrasepsinya atau bagaimana dok. Mohon bantuannya ya dok. Terima kasih

    Halo Riani.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu anda ketahui, penggunaan pil KB sebenarnya dapat membuat menstruasi lebih teratur. Bahkan, wanita sehat yang mungkin tidak mengalami mestruasi pada waktu yang sama setiap bulannya, siklus menstruasinya dapat menjadi teratur jika mengonsumsi pil KB. Penggunaan Pil KB juga dapat membuat siklus menstruasi lebih mudah diprediksi atau ditebak.

    Kondisi yang Anda alami terkait ketidaklancaran menstruasi dapat disebabkan oleh : stres psikologis, kondisi tubuh dalam keadaan yang sangat lelah, obesitas, sindrom ovarium polikistik === gangguan kesehatan yang menyebabkan ketidakseimbangan hormonal, penurunan berat badan yang sangat ekstrim, kista ovarium === kantong yang berisi cairan didalam ovarium, diabetes, kekurangan gizi atau nutrisi, gangguan kesehatan pada kelenjar tiroid.

    Kami sangat menyarankan kepada anda untuk segera menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes urin, tes hormon, tes fungsi tiroid, USG khusus obsgyn, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda : 

    PIL KB

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati