Tanya Dokter

  • Konsumsi pil KB saat haid dan peluang terjadinya kehamilan

  •  Othe Yanti
    Anggota

    Dok, saya mau tanya. Saya telat minum pil kb ketika sedang haid. Saya biasanya minum malam. Tapi saya lupa, dan meminumnya jam 3 pagi. Apakah bisa hamil? Terima kasih dok

    Othe Yanti  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat siang, Pil KB terdapat dua jenis, yaitu pil KB 21 tablet aktif untuk penggunaan 21 hari dan jeda 7 hari atau pil kb 28 tablet berisi 21 butir tablet aktif dan 7 butir tablet tidak aktif sebagai pengingat yang diminum berkelanjutan setiap hari tanpa terputus. Aturan minum pil KB yang benar adalah sebagai berikut :

    • Pil KB diminum pada hari pertama haid. Tentu nya setelah dipastikan bahwa pengguna sedang tidak hamil. Minum satu tablet setiap hari nya. Jika konsumsi tablet 28, maka diminum sesuai dengan tulisan hari dimana Anda mulai minum pada hari pertama haid. Misal hari pertama haid Anda pada hari rabu, maka minum tablet pada jejeran kolom pil plasebo(pil pengingat) yang bertuliskan hari rabu. Hal tersebut untuk memudahkan Anda dalam mengkonsumsi obat. 7 butir obat pengingat tersebut, sebetulnya tidak mengandung bahan aktif obat, namun hanyalah berisi palesbo (tepung atau gula), dengan tujuan untuk memudahkan Anda dalam mengkonsumsi obat, sehingga Anda tidak perlu bingung atau menyesuaikan hari dan jadwal seharusnya. Pada tablet 21, tidak terdapat obat yang berisi plasebo, sehingga setelah habis 21 tablet, maka merupakan masa jeda tidak minum obat, hingga terjadi menstruasi, barulah Anda minum kembali obat mulai dari hari pertama haid.
    • Obat diminum setiap hari, usahakan pada jam yang sama setiap hari. Terserah Anda kapan meminumnya, baik itu setelah sarapan, siang hari, sore atau malam hari, asalkan seterusnya dilakukan di waktu yang sama. Usahakan jika waktu bergeser tidak lebih dari 12 jam dari waktu yang seharusnya. Pada kasus Anda, biasa meminum obat setiap habis makan malam, namun karena lupa Anda meminum pukul 03.00 pagi, maka masih dalam kisaran 12 jam, dapat dikatakan masih aman.
    • Jika Anda lupa meminum obat segerakan minum tidak apa-apa, asalkan masih dalam kurun 12 jam dari waktu seharusnya. JIka sudah melebih 12 jam yang perlu Anda lakukan adalah :
      • jika sedang konsumsi pil aktif, maka minum 2 tablet sekaligus di hari esoknya, atau segera minum kapanpun Anda ingat, dan tetap melanjutkan minum obat pada jadwal hariannya.
      • jika dua hari lupa minum, maka efek kb akan berkurang, sebaiknya hindari hubungan seksual atau gunakan kondom saat berhubungan seksual hingga datang periode menstruasi Anda.
      • jika sedang konsumsi pil plasebo pengingat, maka tidak apa-apa, Anda dapat buang pil yan gterlupakan dan melanjutkan konsumsi pil berikutnya sesuai jadwal harian.
    • Jika sudah melebihi waktu 12 jam, maka kemungkinan efek KB berkurang, maka sebaiknya Anda back up dengan metode pencegah kehamilan lain seperti penggunaan kondom oleh suami, atau metode senggama terputus atau menghindari hubungan seksual terlebih dahulu, hingga selesai siklus tersebut dan Anda telah mendapatkan menstruasi kembali.
    Sekian informasi mengenai penggunaan pil Kb yang benar, Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Anda dapat membaca mengenai metode kontrasepsi lainnya di artikel berikut ; Memilih Kontrasepsi