Tanya Dokter

  • Pil KB untuk ibu menyusui

  • Assalammualaikum dok, Anak saya berumur 17 bulan. Saya awalnya menggunakan kb suntik 3, tapi setelah hampir satu tahun penggunaan saya mengalami migrain yang cukup sakit dok. Saya sudah periksa ke dokter dan dokter menyarakan menggunakan pil kb agar saya bisa mens kembali. Tapi saya masih ragu karena saya menyusui dok. Bagaimana solusinya dok? Wassalammualaikum.

    Dear Irawati,

    Anda perlu memperhatikan bahwa dalam memilih metode kontrasepsi untuk ibu menyusui adalah tidak boleh menggunakan KB yang berisi hormon ESTROGEN, karena hormon estrogen ini bisa mengganggun produksi ASI. Beberapa pilihan KB bagi ibu menyusui:

    • pil progesteron (mini pill): hanya mengandung hormon progesteron
    • suntik hormon progestin : hanya mengandung hormon progestin, golongan progesteron, umumnya disuntikkan tiap 3 bulan
    • IUD: alat KB yang dimasukkan ke dalam rahim


    Masing-masing metode kontrasepsi mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pertimbangan dalam memilih metode kontrasepsi harus disesuaikan dengan faktor-faktor seperti kecermatan (untuk KB pil), kapan hendak merencanakan untuk mempunyai anak lagi, juga pertimbangan efek samping yang bisa muncul.

    Sebaiknya Anda dan suami Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar dapat menentukan kontrasepsi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Artikel ini bisa Anda baca:

    Memilih alat kontrasepsi

    Semoga bermanfaat,

    dr. Rony W.